Beberapa Mitos Tentang Minuman Beralkohol

DokterSehat.Com – Salah satu jenis gaya hidup yang sangat tidak sehat adalah hobi mengkonsumsi alkohol. Alkohol kerap kali dijadikan pelarian bagi banyak orang yang ingin menghilangkan penat dan masalah pada kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, warga Jepang atau Korea Selatan banyak yang memiliki hobi menenggak alkohol karena ingin menghilangkan stress dari tuntutan dunia pekerjaan yang sangat tinggi. Berikut adalah beberapa mitos tentang hobi minuman beralkohol.

doktersehat-wine-anggur-alkohol

Banyak orang yang berpikir jika mengkonsumsi alkohol akan sangat baik untuk melawan hawa dingin di malam hari. Meskipun hal ini benar adanya, namun efek meminum alkohol dalam memberikan kehangatan ternyata hanya akan berjalan untuk sebentar saja. Alkohol dapat membuat darah mengalir lebih cepat ke bagian kulit sehingga tubuh pun akan merasa hangat. Namun, tak lama kemudian sensasi hangat ini akan berangsur-angsur menghilang. Alkohol juga kerap kali dianggap sebagai salah satu solusi untuk membuat tubuh menjadi leih bergairah dan meningkatkan libido. Mitos ini sangatlah tidak tepat mengingat alkohol justru bisa memicu masalah penurunan kualitas seks dengan signifikan. Alkohol memang bisa memicu pembuluh darah pada penis menjadi lebih lebar sehingga ereksi akan mudah terjadi. Sayangnya, lebarnya pembuluh darah juga bisa memicu aliran darah yang keluar menjadi lebih cepat sehingga penis pun akan menjadi loyo atau disfungsi ereksi.

Banyak orang yang berpikir jika alkohol bisa membuat seseorang kecanduan minuman ini. Realitanya adalah, asalkan tidak berlebihan, alkohol tidak akan memberikan efek candu bagi seseorang. Sayangnya, banyak orang yang mengkonsumsinya secara berlebihan apalagi jika sedang mengalami masalah sehingga alkohol pun dianggap sebagai solusi terbaik untuk lari dari berbagai masalah sehingga mereka pun bergantung pada minuman ini. Pengkonsumsi alkohol juga tidak selalu minum secara bersama-sama. Banyak dari pencandu alkohol yang memilih untuk mengkonsumsi alkohol sendirian.

Baca Juga:  Bruxism, Kondisi Tidur Dengan Gigi Yang Bergemeretakan

Mitos yang sangat berbahaya tentang alkohol adalah banyak orang yang berpikir jika alkohol bisa membuat seseorang segar kembali dan bisa mengendarai kendaraan bermotor dengan kondisi lebih baik. Fakta ini sangatlah salah dan membahayakan mengingat mereka yang mengkonsumsi alkohol, apalagi dengan berlebihan ternyata bisa membuat sistem saraf tubuh terganggu dan kemampuan bereaksi dan berpikir pun menurun jauh. Hal ini tentu akan sangat berbahaya mengingat mengendarai kendaraan bermotor membutuhkan gerakan, reaksi, hingga respon yang cepat akan apa yang terjadi di sekitarnya.