Beberapa Mitos Tentang Mengendurnya Payudara

DokterSehat.Com – Ibu-ibu yang sudah menikah biasanya memiliki kekhawatiran tentang berubahnya tampilan fisik mereka. Seiring waktu, baik pria maupun wanita yang terus menua tentu akan mengalami perubahan fisik dari wajah atau bentuk tubuh. Salah satu bagian tubuh wanita yang saat muda bisa menjadi daya tarik dan kepercayaan diri yakni bagian payudara biasanya akan terus mengendur seiring dengan semakin bertambahnya usia sehingga menghilangkan rasa percaya diri. Berikut adalah beberapa mitos mengapa payudara wanita bisa mengendur.

doktersehat-payudara

Banyak orang yang menyalahkan proses menyusui sang buah hati menjadi penyebab mengendurnya payudara. Beberapa wanita bahkan memilih untuk memberikan susu formula bagi anaknya alih-alih menyusuinya hanya demi menjaga kekencangan payudara. Hal ini ternyata adalah mitos yang sangat keliru mengingat banyak penelitian dan pendapat dari pakar kesehatan yang menjamin bahwa menyusui ternyata bukan menjadi penyebab mengendurnya payudara. Proses kehamilanlah yang ternyata mempengaruhi semakin mengendurnya payudara karena saat hamil, payudara wanita cenderung bertambah berat dan membesar.

Payudara berukuran kecil sering dianggap sebagai berkah bagi beberapa wanita karena kemungkinan untuk mengendur jauh lebih kecil meskipun usia sang wanita terus bertambah. Padahal, banyak pakar kesehatan berkata bahwa ukuran payudara bukanlah faktor semakin mengendurnya payudara. Kepadatan payudara yang meliputi banyak jaringan dan lemak yang mempengaruhi kendur tidaknya payudara. Payudara yang lebih banyak memiliki jaringan daripada kandungan lemak biasanya sangat padat dan sebaliknya, payudara yang terlalu banyak lemak daripada jaringan inilah yang membuatnya menjadi kurang padat dan mengendur.

Apakah tidak ada solusi bagi wanita yang ingin mengencangkan payudaranya di usia dewasa? Payudara sendiri diketahui tidak memiliki jaringan otot sehingga tidak bisa dengan mudah dikencangkan dengan latihan fisik, apalagi dengan memakai bra yang diklaim bisa mencegah payudara mengendur. Latihan fisik memang bisa mengencangkan otot dada, namun bukan payudara, dan bra pencegah payudara mengendur hanyalah mitos mengingat bra ini hanya mencegah payudara bergerak terlalu banyak, apalagi jika sedang dipakai untuk berolahraga. Hanya saja, wanita dewasa bisa tetap menjaga kondisi payudaranya tetap sehat dan baik jika Ia mampu menjaga kondisi badan dengan ideal. Dengan olahraga yang rutin dan pola makan yang sehat, payudara pun akan tetap terjaga kondisinya hingga tua nanti.

Baca Juga:  Bayam Merah - Pengobatan Alternatif