Beberapa Mitos Tentang Makanan Dalam Program Diet

DokterSehat.Com – Setiap orang tentu mendambakan berat badan yang ideal bagi tubuhnya. Dengan berat badan yang ideal, kita tentu akan mendapatkan kepercayaan diri yang lebih baik sekaligus mampu menjaga tubuh terbebas dari berbagai masalah kesehatan. Sayangnya, ada banyak orang yang tidak dianugerahi berat badan ideal sehingga harus melakukan diet untuk mengurangi berat badannya. Beberapa orang gagal dalam melakukan diet pengurangan berat badan karena mempercayai beberapa mitos yang salah kaprah tentang diet dan makanan. Berikut adalah beberapa mitos tersebut.

doktersehat-diet-olahraga-metabolisme-tubuh

Mitos pertama yang dipercaya banyak masyarakat yang ingin menurunkan berat badan adalah karbohidrat menjadi pemicu utama masalah berat badan. Karbohidrat memang sangat dibutuhkan bagi tubuh sehingga kita bisa mendapatkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh namun jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan, maka berat badan kita pun akan mudah untuk bertambah. Alih-alih menghilangkan karbohidrat dalam asupan harian kita yang tentu akan membuat kita lemas, ada baiknya kita mulai mengatur jumlah karbohidrat yang pas untuk kebutuhan kita setiap hari sehingga tidak akan menimbulkan masalah kegemukan.

Mitos berikutnya yang dipercaya masyarakat adalah jus buah akan selalu sehat untuk dikonsumsi dan baik bagi diet kita. Padahal, jika kita cermati, banyak penjual jus buah baik di kafe-kafe atau pinggir jalan justru menambahkan kandungan gula yang sangat banyak pada jus buah sehingga jus ini justru akan menjadi kurang baik bagi kesehatan tubuh ataupun bagi program diet kita.

Beberapa orang mempercayai mitos dimana mengurangi porsi makanan namun menambah frekuensi makan agar tidak mudah merasa lapar akan bisa menurunkan berat badan. Mitos ini ternyata salah kaprah adanya dan justru bisa membuat program diet gagal total. Pakar kesehatan berkata jika kunci menurunkan berat badan adalah mengatur keseimbangan makanan yang kita makan, bukan tentang frekuensi makan dalam sehari.

Baca Juga:  Diare? Coba Konsumsi Air Rebusan Beras Untuk Mengatasinya

Agar bisa menurunkan berat badan, pakar kesehatan menekankan pola makan yang jauh lebih sehat dan menghindari banyak makanan-makanan yang kurang sehat layaknya makanan cepat saji yang kaya akan lemak jahat yang bisa membuat berat badan kita bertambah dengan signifikan. Konsumsi buah-buahan dan sayuran sebaiknya tidak kita lupakan setiap hari dan cobalah untuk rutin melakukan olahraga sehingga banyak kalori yang terbakar sehingga program diet pun bisa berjalan dengan baik.