Beberapa Mitos Mengenai Makanan

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika makanan memiliki pengaruh yang besar bagi kesehatan seseorang. Pakar kesehatan juga tidak pernah bosan untuk mengingatkan siapapun untuk melakukan pola makan yang sehat setiap hari. Masyarakat sendiri mempercayai beberapa mitos tentang masakan dan makanan yang diyakini akan kurang baik bagi kesehatan tubuh. Apakah mitos-mitos berikut ini memang benar adanya?

3799011105_a2ff30b567_b

Mitos pertama yang cukup terkenal adalah jika kita memakai microwave untuk memasak, maka nutrisi makanan pun akan cenderung hilang. Mitos ini ternyata sangat salah kaprah. Microwave justru telah terbukti mampu menjaga kebaikan dan nutrisi makanan, khususnya sayuran sehingga kita pun akan tetap mendapatkan vitamin dan mineral yang kita butuhkan.

Mitos berikutnya adalah ada baiknya kita tidak mengkonsumsi makanan dengan warna yang cerah. Hal ini juga sangat tidak benar adanya karena pakar gizi justru tetap menyarankan kita melakukan kombinasi pada makanan dengan warna cerah dan juga gelap. Sebagai contoh, wortel adalah makanan berwarna cerah yang kaya akan beta-karoten, sebuah antioksidan yang bisa melawan inflamasi. Tahu yang berasal dari kedelai juga telah terbukti sebagai sumber protein yang sangat sehat untuk kita konsumsi. Bahan makanan lain yang berwarna putih layaknya kembang kol atau bahkan jamur juga sudah dikenal sebagai sumber serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, bukan?

Mitos tentang makanan berikutnya adalah jika kita mengkonsumsi jus, maka kita akan membantu tubuh untuk mendetoksifikasi racun dan berbagai radikal bebas. Secara alami tubuh kita memang sudah memiliki organ detoksifikasi berupa hati yang akan bekerja dengan baik jika kita mengkonsumsi makanan dengan kadar gizi yang seimbang. Memang, jus akan sangat baik bagi kesehatan tubuh karena banyaknya nutrisi yang dikandungnya. Namun, bukan berarti kita harus mengkonsumsi jus terlalu banyak, bukan? Apalagi jika jus yang kita minum justru memiliki tambahan gula yang tentu akan kurang baik bagi tubuh.