Beberapa Mitos Mengenai Detoksifikasi Pada Tubuh

DokterSehat.Com – Tanpa kita sadari, tubuh terkena banyak sekali racun atau berbagai kontaminan berbahaya yang bisa dengan mudah memasuki tubuh melalui udara atau bahkan makanan yang kita konsumsi. Sebagai contoh, jika kita sering terkena polusi udara dari asap kendaraan atau bahkan karena kita cenderung serung mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, maka tubuh pun bisa mendapatkan dampak buruk dari berbagai kandungan berbahaya tersebut. Tubuh pun membutuhkan detoksifikasi atau penghilangan racun yang bisa dilakukan secara alami atau dengan bantuan dari luar. Berikut adalah beberapa mitos yang dikenal masyarakat mengenai proses detoksifikasi pada tubuh sehingga kita pun bisa mendapatkan detoksifikasi yang jauh lebih baik.

shutterstock_139873150 copy

Mendengar kata detoksifikasi, kita seringkali akan langsung terpikir tentang konsumsi makanan yang sehat layaknya sayuran dan buah-buahan. Sayangnya, banyak masyarakat yang berpikir jika untuk mendapatkan detoksifikasi secara maksimal, maka kita hanya diperbolehkan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan saja tanpa konsumsi makanan lainnya. Hal ini tentu akan salah kaprah mengingat selain vitamin dan mineral yang kaya pada sayuran, kita juga membutuhkan asupan karbohidrat, protein, atau bahkan lemak yang bisa memberikan energi yang cukup dan keseahtan tubuhs ecara umum. Jika kita hanya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan saja, bisa jadi kita akan mengalami gangguan metabolisme dimana tubuh bahkan akan kesulitan menyerap vitamin dan mineral.

Masyarakat juga meyakini bahwa detoksifikasi bisa maksimal jika kita mengkonsumsi jus sayuran atau buah-buahan. Hal ini memang benar adanya, namun, kebanyakan orang justru membuat jus dengan menyaringnya sehingga serat dari sayuran atau buah-buahan pun akan hilang dan manfaat paling utama dari kedua bahan makanan tersebut justru tidak didapatkan. Untuk detoksifikasi dan kesehatan tubuh, jus sayuran dan buah-buahan tentu harus memiliki kandungan serat yang akan sangat baik bagi tubuh.

Baca Juga:  Asupan Makanan Penunjang Kesehatan pria

Banyak orang yang berpikir jika tubuh tidak bisa melakukan detoksifikasi sendiri dan harus mendapatkan bantuan dari luar layaknya makanan atau minuman yang sehat. Padahal, dengan kita buang air kecil atau bahkan berkeringat, tubuh melakukan pembuangan racun secara mandiri. Untuk tetap menjaga tubuh dapat melakukan detoksifikasi secara maksimal, kita tentu harus melakukan gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan, rajin melakukan olahraga, hingga mendapatkan tidur yang cukup.