Beberapa Mitos dan Fakta Tentang Penyebab Paru-Paru Basah

DokterSehat.Com – Paru-paru basah atau dalam dunia medis disebut sebagai pneumonia adalah kondisi peradangan yang terjadi pada sistem pernafasan. Penyebab dari paru-paru basah ini juga bisa karena infeksi, jamur, bakteri, hingga kuman. Yang menjadi masalah adalah, pneumonia bukanlah penyakit yang bisa disepelekan begitu saja karena bisa saja memicu kematian.

doktersehat-cedera-paru-efusi-pleura

Begitu mengerikannya penyakit ini sehingga dalam masyarakat terdapat beberapa mitos yang dianggap mampu menyebabkan penyakit paru-paru basah ini. Apakah mitos-mitos berikut ini memang sesuai secara medis?

Kerap terkena angin malam
Banyak orang tua yang melarang anaknya begadang atau keluar rumah di malam hari karena menganggap hal tersebut bisa membuat tubuh terkena angin malam dan akhirnya memicu paru-paru basah. Pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika hal ini benar adanya. Angin malam cenderung lebih lembab jika dibandingkan dengan angin di siang hari sehingga paparannya secara langsung pada tubuh bisa membahayaka kesehatan.

Pergi keluar di malam hari tanpa menggunakan jaket
Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, angin malam memang bisa memicu paru-paru basah sehingga ada baiknya kita memakai jaket jika ingin pergi keluar di malam hari, apalagi jika memakai sepeda motor.

Tidur di atas lantai atau hanya beralaskan tikar
Saat cuaca sedang sangat panas, banyak orang yang memilih untuk tiduran di atas lantai atau di alas yang tipis seperti tikar. Sayangnya, banyak orang yang menganggap hal ini bisa memicu paru-paru basah. Pakar kesehatan dr. Budi Leksono menyebutkan bahwa kebiasaan tidur di atas lantai atau di atas alas yang tipis memang tidak baik, namun, hal ini belum tentu menyebabkan masalah paru-paru basah. Paru-paru basah sendiri bisa muncul sebagai akumulasi dari berbagai hal yang akhirnya memicu masalah kesehatan ini, bukan hanya karena tidur di atas lantai saja.

Baca Juga:  Hari Pneumonia Sedunia, Apa yang Bisa Kita Lakukan Dalam Mencegah Penyakit Ini Pada Anak?

Tidur dengan AC atau kipas angin
Jika kita kerap menggunakan AC atau kipas angin yang diarahkan pada tubuh saat tidur malam, hal ini memang bisa menyebabkan masalah kesehatan layaknya pilek, batuk, dan paru-paru basah. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak mengarahkan langsung kipas atau arah udara AC ini pada tubuh.