Beberapa Masalah Kesehatan Yang Bisa Diatasi Dengan Berolahraga

DokterSehat.Com – Jutaan orang menderita berbagai macam gangguan kesehatan yang aneh, sebagian gangguan parah, sebagian gangguan ringan yang menjadi parah, karena mereka kekurangan aktivitas fisik. Demikian tulis Jordan Metzl MD, dalam bukunya yang berjudul The Exercise Cure atau Olahraga Penyembuh.



Olahraga adalah pengobatan terbaik yang pernah ada. Olahraga memperpanjang usia, membantu menurunkan bobot, dan membuat jantung lebih sehat. Olahraga juga membantu mengatasi stres serta depresi, dan meningkatkan kepercayaan diri.

Jika lelah karena sering didera sakit atau jemu karena harus terus-terusan membayar mahal untuk obat yang ternyata tidak mempan, mungkin resep olahraga sederhana dari Dr Metzl adalah apa yang Anda butuhkan. Ia telah mengulas semua penelitian perihal terapi penyembuhan dengan berolahraga.

Berikut masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan berolahraga :

  • Cemas
    Jika rasa cemas muncul, anda bisa mengusirnya dengan berolahraga kardio, contohnya adalah berlari. Olahraga kardio akan mendorong jantung untuk berdetak lebih cepat serta meningkatkan produksi hormon-hormon yang menenangkan. Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa jogging selama 30 menit dinilai efektif dalam mencegah stres saat anda menghadapi kondisi yang sulit. Dalam jangka panjang, mereka yang rutin berolahraga memiliki kecenderungan tidak mudah stres, depresi, atau cemas.
  • Selalu mengantuk
    Apakah anda sering mengantuk di saat jam kerja? Daripada minum secangkir kopi untuk menangkal kantuk, lebih baik anda sering-sering menggerakkan badan serta membiasakan diri agar selalu rutin berolahraga. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2011, olahraga selama 150 menit dalam seminggu dapat mereduksi rasa kantuk yang selalu menyerang anda di siang hari sampai 65 persen. Selain itu, olahraga rutin bisa membuat anda tidur lebih nyenyak di malam hari.
  • Sakit punggung
    Punggung bisa terasa nyeri dan kaku akibat duduk terlalu lama. Alih-alih menggunakan obat-obatan tertentu, anda disarankan berolahraga untuk memulihkannya. Dengan berolahraga, terutama latihan beban, otot dada dan perut akan menjadi lebih kuat. Hal ini secara tidak langsung juga akan mengatasi sakit punggung anda.
  • Kebiasaan ngemil
    Ngemil merupakan aktivitas yang dapat memicu masalah kesehatan. Apabila anda sering ngemil, maka anda akan dihadapkan dengan risiko obesitas. Keinginan ngemil umumnya muncul untuk memenuhi kepuasan pikiran, walaupun sebenarnya anda tidak begitu lapar. Daripada ngemil, sebaiknya anda berolahraga ringan seperti jalan-jalan atau jogging setidaknya 15 menit per hari.
  • System imun lemah
    Olahraga ternyata bermanfaat juga dalam meningkatkan system imun. Jika sistem imun tubuh kita kuat, maka akan sulit bagi virus atau bakteri untuk masuk ke dalam tubuh. Beberapa opsi olahraga yang bisa meningkatkan kembali sistem imun yang lemah adalah bersepeda, jogging, dan olahraga lainnya.
  • Gejala menopause
    Hot flash, salah satu gejala dari menopause, biasanya memberikan rasa ketidaknyamanan pada wanita paru baya. Adapun gejalanya bisa berupa detak jantung yang tiba-tiba menjadi lebih cepat dan timbul rasa panas yang tak wajar. Untuk mengatasinya, anda cukup melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki selama 30 menit setiap harinya. Gejala menopause ini bisa turun sampai 74 persen jika anda rutin berolahraga.