Beberapa Makanan Yang dapat Mencegah Gigi Berlubang

DokterSehat.com – Penyakit gigi berlubang bisa dikatakan penyakit yang cukup menyiksa bagi manusia. Rasa sakit yang menusuk. Ditambah dengan adanya resiko yang lebih buruk karena adanya bakteri dalam mulut yang dapat memicu penyakit yang lebih membahayakan lagi membuat orang akan menggunakan berbagai cara agar tidak mengalami masalah gigi berlubang ini. Hal yang paling jamak dilakukan oleh kita adalah mengurangi berbagai konsumsi makanan yang manis, makanan yang dapat mengurangi kebersihan gigi sekaligus merusak gigi tersebut. Namun, bukan berarti kita tidak lagi dapat memakan berbagai makanan enak demi menjaga kesehatan kita. Terdapat banyak makanan dengan rasa yang lezat namun ternyata justru dapat melindungi gigi kita dari masalah gigi berlubang, beginilah diantaranya:



  • Berbagai produk keju dan susu ternyata dapat mencegah gigi berlubang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa banyak responden yang telah mengkonsumsi keju, susu, serta yoghurt tanpa gula mangalami penurunan tingkat keasaman plak setelah mengkonsumsi susu. Bahkan, bagi mereka yang mengkonsumsi keju, kadar asam tersebut dapat mengalami penurunan lebih jauh lagi. Dengan tingkat keasaman plak berkurang, maka pembentukan salvia yang dapat mengeraskan enamel dalam gigi pun berkurang.
  • Rajin-rajinlah memakan apel yang segar. Tanpa anda sadari, apel yang segar dapat merangsang air liur anda semakin banyak keluar sehingga jumlah bakteri dalam mulut anda akan semakin berkurang.
  • Kita sering dilarang mengunyah permen karena dapat menjadi penyebab nomer satu gejala gigi berlubang . Namun, ada sebuah produk permen karet yang bebas gula, dan biasanya ditambah dengan kandungan xylitol, justru dapat mencegah penimbunan plak gigi. Kandungan xylitol ini dipercaya memiliki efektifitas paling tinggi dalam mengurangi resiko gigi berlubang.
  • Selain makanan, terdapat pula minuman berupa the hijau maupun the hitam. Kedua jenis minuman ini dapat diminum setelah kita memakan makanan manis karena mencegah timbunan plak dan bakteri pada gigi. Namun, kedua minuman ini tidak baik jika dicampur dengan pemanis, susu, ataupun krim, karena efek pencegahan tersebut dapa lenyap seketika.