Beberapa Makanan Khas Jepang Ini Terbukti Bisa Membuat Panjang Umur

DokterSehat.Com – Makanan Jepang sudah dikenal luas memiliki cita rasa yang unik sehingga kita akan bisa dengan mudah menemukan restoran khas Jepang di berbagai Negara. Yang menarik adalah, diet makanan ala Jepang juga kerap dipuji sebagai makanan yang sangat menyehatkan sehingga membuat masyarakat negeri matahari terbit ini memiliki harapan hidup yang tinggi. Pakar kesehatan menyebutkan jika masyarakat Jepang ternyata menyukai makanan vegan. Hampir semua masakan jepang memiliki bahan alami layaknya sayuran atau kacang-kacangan yang bisa memberikan kebaikan bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa makanan ala Jepang yang bisa kita konsumsi andai kita ingin hidup sehat.

doktersehat-teh-hijau-baik-kesehatan-green-tea

Fermentasi kedelai
Makanan dari fermentasi kedelai yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah tempe yang memang dikenal sangat baik untuk kesehatan. Namun, di Jepang, makanan fermentasi kedelai layaknya miso, natto, dan pasta umami ternyata juga telah terbukti mampu membuat seseorang hidup lebih lama. Pakar gizi Cassandra Barns menyebutkan jika fermentasi kedelai dari makanan-makanan tersebut kaya akan kandungan isoflavon yang bisa membantu kesehatan kaum wanita setelah fase menopause. Kandungan ini bisa membantu menurunkan resiko kanker payudara dan juga kanker endometrium atau kanker rahim. Selain itu, isoflavon ini sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang dan kesehatan jantung.

Rumput laut
Rumput laut memang sangat mudah terselip di menu khas makanan Jepang. Namun tahukah anda jika rumput laut sangatlah kaya akan kandungan mineral layaknya magnesium, kalsium, seng, yodium, kalium, dan lain sebagainya yang sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh kita? Pakar kesehatan menyebutkan jika sering mengkonsumsi rumput laut akan membuat jantung kita menjadi lebih sehat.

Teh hijau matcha
Teh hijau bubuk tradisional khas Jepang ini ternyata sangat kaya akan flavanol catechin, kandungan yang sangat baik bagi sistem pertahanan tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi teh matcha, kita akan lebih baik dalam melawan penyakit Alzheimer, penyakit jantung, kanker, dan depresi.

Baca Juga:  Kenali Karbo Baik dan Jahat Bagi Tubuh

Acar
Acar sayuran khas Jepang ternyata kaya akan probiotik alami yang bisa membantu sistem pencernaan tubuh. Hanya saja, ada baiknya kita mengkonsumsi acar tradisional yang memang akan sangat baik dalam menjaga kesehatan usus.