Beberapa Macam Penyakit Skizofrenia Yang Perlu Anda Ketahui

DokterSehat.Com – Penyakit skizofrenia adalah salah satu penyakit mental yang sangat unik namun berbahaya. Dianggap unik karena penderitanya mengalami kesulitan untuk membedakan kehidupan nyata dengan khayalannya sendiri. Banyak penderita skizofrenia yang kesulitan untuk berpikir dengan jernih dan sering kali kesulitan mengendalikan emosi. Sebagai contoh, penderita skizofrenia bisa saja tiba-tiba memukul orang hanya karena merasa diancam, padahal tidak ada seorangpun yang mengancamnya. Ada beberapa jenis dari penyakit mental yang disebabkan karena faktor lingkungan layaknya stress atau trauma ini, berikut adalah diantaranya.

doktersehat-Skizofrenia-gangguan-kepribadian-ambang

  • Skizofrenia Katatonik
    Penderita skizofrenia katatonik akan cenderung memiliki perilaku yang aneh dan canggung, khususnya dalam melakukan gerakan tubuh. Sebagai contoh, mereka bisa saja mengulangi gerakan yang sama hingga berulang-ulang layaknya duduk lalu berdiri selama berulang-ulang dalam waktu yang sangat lama, bisa sampai berhari-hari. Penderita skizofrenia katatonik hampir dipastikan tidak bisa lagi mengurus diri mereka sendiri.
  • Skizofrenia Residual
    Jenis skizofrenia yang kedua adalah skizofrenia residual dimana penderita skizofrenia ini akan tampak seperti orang yang selalu lesu, tidak bahagia, bingung, dan memiliki wajah yang kosong. Mereka akan cenderung pasif dan tidak akan banyak bersosialisasi dengan orang lain. Hampir semua pikirannya cenderung telah dikuasai oleh khayalan sehingga penderita skizofrenia ini tidak akan mampu mengurus diri mereka sendiri.
  • Skizofrenia Paranoid
    Skizofrenia berikutnya adalah skizofrenia paranoid dimana penderitanya mengalami delusi yang luar biasa baik dalam apa yang mereka lihat maupun apa yang mereka dengarkan. Seringkali penderitanya berpikir bahwa semua orang ingin melawannya atau menghabisinya. Bahkan penderitanya berpikir bahwa orang-orang dalam televisi atau radio seolah-olah sedang bericara dengannya. Biasanya, penderita skizofrenia paranoid masih bisa diajak berbicara dan mudah untuk diobati. Hanya saja, kadang kala penderita skizofrenia paranoid bisa tiba-tiba mengamuk saat dikuasai oleh khayalannya.