Beberapa Kesalahan Diet Yang Sering Kita Lakukan

DokterSehat.Com – Kebanyakan orang akan berpikir jika diet untuk menurunkan berat badan berarti mereka harus mengurangi konsumsi makanan mereka setiap hari. Beberapa orang bahkan rela mengurangi frekuensi makan hingga sekali sehari saja, hanya demi menurunkan berat badan dengan cepat. Cara ini ternyata dianggap oleh pakar kesehatan kurang tepat. Selain cara tersebut, ada beberapa kesalahan lain yang dilakukan orang yang sedang menjalankan diet seperti sebagai berikut.

doktersehat-wanita-obesitas-meningkat

Jika kita melewatkan waktu makan, yang terjadi justru kita akan merasa semakin lapar dan pada akhirnya saat kita makan tanpa sadar kita justru akan mengkonsumsi terlalu banyak kalori dan porsi yang cenderung besar. Konsumsi kalori yang berlebihan tentu akan membuat program diet anda menjadi sempurnya. Alih-alih melewatkan waktu makan, ada baiknya kita justru menambah konsumsi asupan serat yang akan membuat perut kita mencerna makanan yang lebih lama dan pada akhirnya membuat kita tidak akan terlalu banyak makan dan bisa menurunkan berat badan.

Seringkali diet diasosiasikan dengan tidak mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat. Hal ini ternyata sangat tidak tepat. Pakar kesehatan menyebutkan jika diet dengan menghilangkan karbohidrat ternyata tidak akan memberikan manfaat sama sekali dan justru akan membuat tubuh beresiko terkena masalah kesehatan layaknya osteoporosis, gangguan jantung, kanker, hingga badan yang cenderung lemas seharian. Daripada menghindari karbohidrat, anda justru bisa mengganti asupan karbohidrat dengan karbohidrat yang kaya serat layaknya gandum, nasi merah, hingga sereal kaya serat. Selain karbohidrat, jangan mudah terkecoh dengan label makanan bebas lemak atau rendah lemak karena makanan ini belum tentu rendah kalori. Seringkali makanan dengan label ini justru kaya akan kandungan gula yang tentu bisa mempengaruhi program diet anda.

Baca Juga:  Mengapa Kutil Kelamin Bisa Tumbuh?

Kita seringkali juga terlalu fokus pada makanan saat melakukan diet. Padahal, jika kita sering mengkonsumsi minuman manis layaknya sirup manis, jus kemasan, hingga minuman ringan dan bersoda, maka diet kita pun akan menjadi percuma. Selain itu, jangan terkecoh dengan pola pikir makanan sehat haruslah berharga mahal karena banyak sekali jenis makanan murah layaknya tempe, tahu, hingga sayuran hijau yang mudah ditemui di pasar justru bisa kita maksimalkan menjadi makanan sehat dan lezat.