Beberapa Kesalahan Dalam Memasak Yang Sering Kita Lakukan

DokterSehat.Com – Kita seringkali terjebak dengan stigma pola makan yang baik adalah dengan menyediakan makanan dengan gizi yang seimbang sehingga tubuh pun bisa menyerap berbagai asupan makanan dengan baik tanpa adanya resiko terkena gangguan kesehatan. Tahukah anda, kita seringkali melupakan satu tahap penting dalam mendapatkan asupan makanan yang baik, tahapan tersebut adalah memasak makanan dengan benar. Banyak dari kita yang berpikir bahwa asalkan makanan sudah dimasak, maka makanan sudah layak dikonsumsi tubuh. Apa sajakah kesalahan yang kerap kita lakukan dalam memasak?

7191104180_fb1c27788a_k

Kesalahan kita yang paling mudah ditemui adalah kebiasaan kita memakai minyak goreng secara berlebihan. Banyak minyak goreng yang kita pakai untuk menggoreng lauk memiliki kandungan kolesterol jahat yang tinggi. Selain itu, minyak yang sangat banyak juga bisa berimbas kurang baik bagi kualitas gizi makanan. Jika memang tidak membutuhkan minyak yang banyak, pakailah minyak goreng dengan jumlah yang lebih sedikit dan jika diperlukan, kita bisa mengubah minyak goreng menjadi minyak sayur yang lebih sehat. Selain menggoreng, kita juga memiliki kebiasaan memanggang makanan untuk mendapatkan rasa yang jauh lebih enak dari makanan. Dengan memanggang, kita akan membuang banyak kadar air dalam sayuran. Selain itu, daging yang terpanggang hingga hitam juga akan kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Pernahkah anda memasak dengan waktu yang terlalu lama hanya karena belum yakin makanan belum matang atau tidak? Makanan seperti sayuran tentu akan kehilangan nilai gizi jika kita memasaknya terlalu lama. Kadang kala sayuran juga dimasak dengan kandungan air yang terlalu banyak sehingga kandungan vitaminnya pun jauh berkurang. Gunakanlah air yang secukupnya saja untuk menjaga kandungan baik pada sayur. Jika anda memakai microwave untuk menghangatkan makanan, maka anda bisa membuat beberapa bahan makanan justru overcooked dan tidak baik untuk dikonsumsi tubuh. Banyak racun dari wadah makanan yang dimasak pada microwave masuk pada makanan yang kita konsumsi.

Baca Juga:  Kasus Kerusakan Gigi Anak Semakin Meningkat

Perhatikan pula penggunaan api dari kompor kita. Banyak dari kita yang berpikir jika api yang besar bisa membuat masakan mudah matang. Sayangnya, kebiasaan ini justru akan membuat banyak kandungan makanan baik layaknya antioksidan akan lenyap dengan cepat sehingga kita pun akan memakan makanan yang tidak memilik kandungan baik bagi tubuh.