Beberapa Kegiatan Yang Bisa Mengurangi Resiko Alzheimer

DokterSehat.Com – Alzheimer adalah salah satu penyakit yang banyak menyerang para lansia. Mereka yang mengalami alzheimer akan mendapatkan kualitas kehidupannya akan jauh berkurang mengingat daya ingatnya yang akan jauh berkurang di masa tua. Banyak penderita alzheimer yang bahkan kesulitan untuk mengenali orang-orang yang sepanjang hidup bersama dengannya. Selain itu, banyak penderita alzheimer yang bahkan mengalami kesulitan untuk melakukan banyak aktifitas dasar yang menunjang kehidupan mereka. Melihat bahayanya resiko penyakit alzheimer ini, kita tentu harus melakukan beberapa pencegahan sehingga tidak mudah terkena penyakit ini di masa tua nanti.

shutterstock_245827459 copy

Sebuah hasil penelitian dari rush University Medical Center Chicago yang dimuat oleh jurnal Neurology ternyata menunjukkan bahwa mereka yang rajin melakukan kegiatan ternyata bisa menurunkan resiko terkena penyakit alzheimer di usia tua, khususnya mereka yang berusia lebih dari 80 tahun. Kegiatan ini bisa berupa olahraga yang rutin, atau bahkan beberapa kegiatan harian layaknya membersihkan rumah atau menata ulang rumah. Kegiatan rumah tangga layaknya memasak, mencuci piring, mengepel lantai, atau bahkan berkebun di belakang rumah ternyata akan membuat otak menjadi lebih terlatih sehingga resiko mendapatkan alzheimer di usia tua akan semakin menurun.

Penelitian yang melibatkan 716 partisipan ini menunjukkan bahwa ada 71 orang yang akhirnya terkena penyakit alzheimer. Mereka yang melakukan kegiatan meskipun hal-hal sederhana layaknya membersihkan rumah selama rata-rata 3,3 jam setiap minggunya akan terhindar dari masalah alzheimer di hari tua. Bahkan, mereka yang melakukan kegiatan dengan waktu yang lebih rendah dari 3,3 jam per minggu akan mengalami resiko 10 persen lebih besar mengalami gejala alzheimer.

Memang, hasil penelitian ini masih bisa diperdebatkan oleh banyak kalangan. Namun, setidaknya kita bisa memiliki titik cerah untuk mencegah penyakit alzheimer di hari tua. Cukup dengan rajin-rajin membersihkan dan menata rumah, maka kehidupan kita di hari tua akan tetap berkualitas dan terbebas dari masalah penyakit alzheimer.