Beberapa Kebiasaan Penyebab Sakit Punggung

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang sering menyerang masyarakat modern adalah sakit punggung. Masyarakat modern, khususnya yang bekerja sebagai pekerja kantoran dimana dalam seharian penuh hanya duduk di depan komputer bias mengalami kasus sakit punggung dengan mudah. Terdapat banyak sekali penyebab dari masalah sakit punggung, dari kesalahan posisi tidur, kesalahan posisi duduk, atau bahkan karena kebiasaan sehari-hari yang tidak baik. Berikut adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang ternyata berpotensi membuat sakit punggung.

doktersehat-encok-sakit-punggung-hernia

Duduk terlalu lama biasanya menjadi penyebab utama sakit punggung bagi masyarakat modern. Meskipun terlihat rileks, posisi duduk dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan kekakuan dan rasa sakit, khususnya jika postur tubuh tidak dalam kondisi ideal saat duduk. Untuk menghindarinya, kita harus sering melakukan peregangan layaknya dengan berdiri atau sekadar berjalan mengambil air minum atau ke toilet. Peregangan yang bisa dilakukan setidaknya dua jam sekali ini bisa mencegah sakit punggung dengan efektif.

Hampir semua penderita sakit punggung memiliki riwayat jarang berolahraga. Kebiasaan malas bergerak bisa membuat punggung menjadi terkunci dan sakit. Meskipun anda hanya berjalan kaki, hal tersebut sudah jauh lebih baik bagi kesehatan punggung anda. Perhatikan pula posisi tidur anda apakah sudah menopang punggung dengan nyaman? Jika belum, anda dapat mengubah posisi tidur agar menjadi lebih nyaman dan aman bagi punggung. Gunakan kasur yang empuk agar punggung bisa beristirahat dan tidur anda pun semakin berkualitas.

Kebiasaan buruk memakai sepatu high heel ternyata bisa berpengaruh langsung pada kesehatan punggung. High heel akan secara langsung mengubah postur tubuh sehingga bisa mengubah kondisi tulang punggung yang tentu saja memicu rasa sakit. Jangan gunakan high heel terlalu sering dan dalam jangka waktu yang lama. Disamping high heel, gunakan tas yang tidak terlalu berat agar punggung tidak terlalu terbebani. Jangan ragu untuk membagi tas dengan tas jinjing atau tas dorong sehingga semua beban tidak diarahkan ke punggung dan resiko mendapatkan sakit punggung bisa diminimalisir.

Baca Juga:  Tanda-Tanda Stress Berat Yang Harus Diwaspadai