Beberapa Jenis Makanan Yang Berbahaya Jika Dipanaskan Ulang

DokterSehat.Com – Makanan yang sudah dingin terkadang akan kurang nikmat untuk dikonsumsi sehingga kita perlu menghangatkannya kembali agar enak untuk disantap. Menghangatkan makanan sendiri bisa dilakukan dengan cara yang mudah mengingat kita tinggal menempatkan makanan pada panci atau penggorengan dan memanaskannya dalam waktu yang sebentar. Setelah dipanaskan, makanan juga cenderung memiliki rasa yang sama layaknya pada saat awal kita baru saja memasaknya. Namun, tahukah anda jika ada beberapa jenis makanan yang jika dipanaskan kembali ternyata mengalami perubahan nilai gizi dengan signifikan. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak kita panaskan kembali.

7191104180_fb1c27788a_k

Sayur bayam menjadi daftar makanan pertama yang sebaiknya tidak kita panaskan kembali jika sudah mendingin. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika sayur bayam hanya bisa bertahan dalam jangka waktu enam jam saja dan setelah itu bayam sebaiknya tidak lagi dikonsumsi. Jika kita memanaskan sayur bayam, kandungan yang ada pada sayur ini justru bisa menjadi sangat berbahaya untuk kesehatan dan bisa memicu masalah kanker. Bayam akan mengeluarkan kandungan nitrit yang merupakan perubahan dari nitrat jika dipanaskan kembali dan kandungan nitrit inilah yang bisa memicu penyakit kanker. Selain bayam, sauran seledri juga sebaiknya tidak dipanaskan karena alasan yang sama.

Telur yang dipanaskan kembali sepertinya adalah hal yang cukup aneh mengingat telur seringkali disantap saat baru saja dimasak dan dalam keadaan hangat. Jika telur yang sudah lama kita panaskan kembali, maka kandungan protein di dalamnya akan jauh berubah dan bisa menyebabkan racun yang tentu saja akan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain telur, jamur juga sebaiknya hanya disantap dalam kondisi yang segar dan baru saja dimasak untuk pertama kali.

Baca Juga:  Hati-Hati Mengkonsumsi Roti Tawar Putih

Ayam termasuk dalam jenis makanan yang seringkali kita hangatkan kembali untuk menjaga rasanya tetap nikmat untuk disantap. Sayangnya, memanaskan kembali ayam ternyata bisa membuat perubahan pada kandungan protein dan pada akhirnya memicu masalah saluran penccernaan. Hal yang sama juga berlaku jika kita memanaskan kembali bahan kentang mengingat kandungan gizinya pun akan menghilang jika kita panaskan kembali dan bahkan bisa memicu masalah pada saluran pencernaan.