Beberapa Jenis Daging yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Untuk menjaga perkembangan dan kesehatan kehamilan, ibu hamil tentu harus mengkonsumsi makanan yang bergizi setiap hari. Salah satu bahan makanan yang bisa memberikan asupan gizi tinggi adalah daging. Namun, ternyata ada beberapa jenis daging yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Apa sajakah jenis daging tersebut?

doktersehat-hamil-kehamilan-anak-laki

Sushi
Masakan khas Jepang ini dikenal luas sangat nikmat untuk dikonsumsi. Sayangnya, ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi sushi karena terbuat dari daging yang masih mentah. Dikhawatirkan, berbagai bakteri dalam daging mentah ini masuk ke dalam tubuh ibu hamil yang bisa saja membahayakan kesehatan ibu maupun janinnya.

Kerang mentah
Beberapa orang suka dengan kerang mentah karena memiliki rasa yang gurih dan nikmat. Namun, ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan ini karena adanya resiko terkena keracunan yang tentu bisa membahayakan kehamilan.

Ikan yang tinggi merkuri
Makanan laut layaknya ikan dikenal luas memiliki kandungan protein dan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi sehingga bisa membantu perkembangan otak janin di dalam kandungan. Hanya saja, ada baiknya ibu hamil berhati-hati dengan ikan yang kaya akan kandungan merkuri layaknya ikan hiu, ikan tengiri, ikan pesut, dan beberapa jenis ikan tuna. Saat hamil, ibu sebaiknya memilih daging ikan yang aman layaknya ikan salmon, ikan teri, ikan trout, dan juga udang.

Daging kambing
Daging kambing sangatlah nikmat untuk disantap, khususnya saat diolah menjadi sate kambing. Sayangnya, konsumsi daging kambing secara berlebihan saat hamil bisa memicu peningkatan tekanan darah dan kolesterol dengan signifikan. Padahal, jika ibu hamil memiliki masalah hipertensi, dikhawatirkan Ia akan mengalami preeklamsia yang bisa memicu kejang-kejang atau bahkan kematian bagi ibu.

Baca Juga:  Preeklamsia - Penanganan

Daging dan telur yang dimasak tidak matang
Beberapa jenis makanan dari daging dan telur tidak dimasak hingga benar-benar matang untuk memberikan sensasi rasa tertentu. Sayangnya, hal ini membuat masih banyak bakteri jahat pada makanan tersebut yang tentu bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Ibu hamil sebaiknya menghindari daging dan telur yang tidak dimasak hingga matang terlebih dahulu demi kesehatannya.