Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memakan Buah

DokterSehat.Com – Salah satu bahan makanan yang sebaiknya rutin kita konsumsi setiap hari adalah buah-buahan. Bagaimana tidak, buah-buahan memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang akan menyehatkan tubuh kita. Vitamin yang ada di buah-buahan juga akan membuat tubuh kita tidak mudah terserang penyakit. Untuk mengkonsumsinya, ternyata ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sehingga kita pun bisa mendapatkan manfaat terbaik dari buah-buahan ini. Apa sajakah yang harus kita perhatikan saat mengkonsumsi buah-buahan?

doktersehat-aple-buah-beracun

Kapan Waktu Terbaik Memakan Buah?
Banyak orang yang berpikir jika buah adalah pelengkap sehingga kerap dikonsumsi setelah makan besar. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika ada waktu terbaik lainnya untuk memakan buah, yakni di pagi hari. Di pagi hari, khususnya setelah bangun tidur dan kita belum mengkonsumsi makanan apapun adalah waktu terbaik untuk memakan buah karena pada saat inilah tubuh akan benar-benar menyerap nutrisi baik dari buah-buahan secara maksimal. Kombinasikan dengan air putih, maka nutrisi dari buah-buahan akan terserap dengan sempurna di pagi hari. Andaipun kita malas untuk mengkonsumsinya di pagi hari, sore hari diantara jeda makan siang dan makan malam juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengkonsumsi buah-buahan

Mitos Makan Buah Setelah Makan
Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, banyak orang yang berpikir jika buah adalah pelengkap sehingga akan sangat baik jika dikonsumsi setelah makan besar. Padahal, nutrisi buah-buahan tidak akan terserap dengan maksimal karena sistem pencernaan juga sibuk menyerap nutrisi dari bahan makanan lainnya. Alih-alih dilakukan setelah makan besar, ada baiknya kita memakan buah sebelum makan besar sehingga nutrisi bisa diserap dengan lebih baik sekaligus menurunkan keinginan untuk makan berlebihan. Selain itu, kita juga bisa memakan buah setengah jam sebelum berolahraga jika ingin mendapatkan energy tambahan untuk melakukan aktivitas fisik.

Baca Juga:  Awas, Diet Ala Artis Cantik Korea Belum Tentu Sehat Bagi Tubuh

Cucilah Buah Sebelum Dimakan
Meskipun dikenal sebagai makanan sehat, kita tidak tahu buah-buahan yang kita makan telah melalui perjalanan seperti apa dari petani ke toko penjual buah. Cucilah buah-buahan hingga bersih dengan air mengalir agar berbagai kuman dan kotoran bisa hilang sebelum kita memakannya.