Beberapa Hal Yang Bisa Menyebabkan Stress

DokterSehat.Com – Stress adalah salah satu keadaan dimana pikiran dan hati berada dalam suasana yang buruk. Stress sendiri bisa memicu rasa tegang di kepala dan seluruh tubuh. Biasanya, stress ini diawali dari hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan atau rencana. Padahal, dalam hidup ini kita tentu akan cukup sering menemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan rencana. Apa sajakah beberapa hal yang bisa mudah menyebabkan kita stress? Berikut adalah diantaranya.

doktersehat-pusing

Masyarakat modern yang tinggal di perkotaan tentu akan terbiasa dengan kemacetan di jalan raya. Kemacetan bahkan diklaim sebagai sumber stress paling umum saat ini dan bahkan mampu mengubah perangai seseorang menjadi tidak sabar. Kesemrawutan jalan raya ditambah dengan parahnya perilaku berkendara tentu akan membuat kita sangat stress, khususnya jika kita tidak ingin telat masuk kerja atau masuk sekolah.

Dunia kerja juga cukup efektif dalam menyebabkan stress, pekerjaan yang berat dengan deadline yang sangat mepet sudah cukup memberikan tekanan yang berat. Namun, jika pekerjaan tersebut juga disertai dengan gangguan layaknya komputer dan printer yang mudah macet dan tidak bekerja secara normal, maka tingkat stress juga meningkat. Banyak pekerja kantoran yang bekerja hingga larut malam sehingga tingkat stress pun menjadi lebih berat.

Perkembangan teknologi juga bisa memicu stress dengan mudah. Gadget, informasi yang cepat dari internet, dan media sosial kini seakan menjadi sesuatu yang sulit dipisahkan dari tangan manusia sehingga jika kita kehilangan gadget atau akses internet, maka kita bisa saja mengalami stress. Disamping itu, dunia media sosial yang menjadi ajang eksistensi diri juga bisa memicu tekanan dalam pikiran. Jika akun media sosial mendapat respon buruk atau bullying dari orang lain, maka pengguna media sosial pun menjadi lebih mudah stress.

Baca Juga:  Musim Hujan Ternyata Bisa Membuat Tubuh Dehidrasi

Stress bisa dikendalikan jika kita sendiri mampu meluangkan waktu agar pikiran kita beristirahat dari rutinitas yang menjemukan ini. Setiap akhir pekan, kita bisa mengambil waktu tanpa adanya hiruk pikuk kemacetan, televisi, atau bahkan gadget dan akses internet. Banyak orang meluangkan waktu untuk berpergian ke tempat wisata, namun jika akses ke tempat wisata juga macet, maka kita justru akan menambah tekanan dalam pikiran. Menikmati waktu bersama keluarga atau sekadar membaca buku dengan tenang dapat membuat pikiran lebih rileks dan fit. Dengan melakukan hal sederhana ini, kita mendapatkan waktu berkualitas untuk keluarga kita tercinta.