Beberapa Hal Yang Bisa Mempengaruhi Kelembaban Kulit

DokterSehat.Com – Memiliki kulit yang sehat dan cantik tentu akan menjadi dambaan setiap orang, khususnya bagi kaum wanita. Dengan kulit yang sehat, maka kita pun bisa memiliki kepercayaan diri yang lebih baik. Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik, banyak orang yang rela membeli produk perawatan kulit terbaik. Namun, tahukah anda jika salah satu kunci membuat kulit kita tetap sehat adalah dengan menjaga kelembabannya. Sayangnya, ada banyak sekali hal yang terjadi sehari-hari yang bisa membuat kelembaban kulit terganggu. Apa sajakah hal-hal tersebut?

doktersehat-kulit-keriput-sinar-ultraviolet-kanker

Membicarakan kelembaban kulit tentu tidak akan lepas dari kondisi cuaca yang kita hadapi sehari-hari. Kita tinggal di negara dengan iklim tropis yang cenderung panas dan kaya akan sinar matahari. Kondisi yang panas ini ternyata bisa memicu penurunan kelembaban kulit dengan sangat signifikan, khususnya di tengah siang hari. Kita pun tentu harus lebih baik dalam menjaga kulit dengan memakai produk perawatan kulit yang bisa menjaga kelembabannya.

Selain karena kondisi dari luar, kulit juga bisa mengalami masalah kelembaban dari dalam tubuh, khususnya jika kulit tidak terhidrasi dengan baik. Jika kita tidak memenuhi asupan cairan tubuh dengan cukup, maka besar kemungkinan kulit akan menjadi lebih kering sehingga menyebabkan masalah kulit kasar, gatal-gatal, mengelupas, teriritasi, hingga kehilangan elastisitasnya. Selain itu, pelembab alami kulit atau Natural Moisturizing Factor (NMF) bisa semakin menurun jika kita tidak memakai kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit atau melakukan gaya hidup yang kurang sehat sehari-hari.

Untuk menghindari hal ini, pakar kesehatan kulit pun mewanti-wanti kita agar memenuhi konsumsi cairan sehari-hari, termasuk diantaranya adalah sebelum tidur. Selain air putih, beberapa minuman yang kaya akan kandungan elektrolit juga sangat disarankan untuk menjaga kesehatan kulit kita. Dengan kulit yang terhidrasi dengan baik, maka kesehatan kulit kita pun akan terjaga.