Beberapa Hal Yang Bisa Memicu Perut Buncit

DokterSehat.Com – Siapa sih yang mau memiliki perut yang buncit? Baik pria maupun wanita semua pasti akan kompak tidak akan menginginkannya. Perut buncit dianggap sebagai salah satu masalah yang bisa merusak penampilan seseorang dan juga bisa meningkatkan resiko terkena penyakit berbahaya layaknya sindrom gangguan metabolisme hingga penyakit jantung, tekanan darah tinggi, serangan stroke, hingga penyakit diabetes. Sayangnya, kita sendiri cenderung menyepelekan gaya hidup sehat dan melakukan beberapa hal yang bisa memicu semakin membuncitnya perut seperti sebagai berikut.



Pola makan menjadia faktor utama semakin membuncitnya perut kita. Makan dengan porsi yang sangat berlebihan ternyata menjadi faktor utama penyebab perut buncit. Selain itu, kebiasaan buruk mengkonsumsi makan pada jam yang terlalu larut atau bahkan di tengah malam ternyata juga bisa merusak jam biologis dan membuat waktu tidur kita juga dihabiskan untuk proses pencernaan. Hal ini ternyata secara efetif bisa memicu semakin menumpuknya lemak pada perut sehingga memicu perut yang semakin membuncit.

Pemilihan jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari ternyata juga berpengaruh besar bagi semakin membuncitnya perut. Tercatat, banyak dari kita yang menyukai makanan cepat saji atau camilan kaya kalori dan lemak layaknya biskuit hingga keripik. Makanan-makanan inilah yang diyakini menjadi penyebab utama penumpukan lemak pada perut. Selain itu, kebiasaan buruk menenggak alkohol juga diyakini bisa memicu perut yang membuncit, khususnya bagi kaum pria.

Penyebab lain dari perut membuncit adalah kebiasaan kurang tidur, khususnya bagi mereka yang tidur kurang dari 6 atau 5 jam setiap harinya. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 70.000 partisipan yang semuanya adalah kaum hawa menyebutkan jika kurang tidur ternyata bisa memicu kenaikan berat badan hingga 13 kg dan meningkatkan resiko mendapatkan perut membuncit. Selain itu, jika kita juga cenderung memelihara stress dan depresi hingga berlarut-larut, maka kita akan meningkatkan produksi hormon kortisol yang secara efektif menimbulkan lemak pada perut yang semakin menumpuk dan menimbulkan perut buncit.