Beberapa Gejala Penyakit Usus Buntu

DokterSehat.Com – Banyak orang yang menganggap usus buntu atau apendiks sebagai salah satu organ tubuh yang tidak begitu berguna bagi saluran pencernaan. Anggapan ini ternyata salah kaprah adanya. Usus buntu ternyata berperan besar dalam menyehatkan organ pencernaan mengingat disinilah banyak bakteri-bakteri baik yang akan memperlancar proses pencernaan makanan. Jika usus buntu ini mengalami peradangan atau pembengkakan, maka kita pun akan mengalami penyakit usus buntu. Apa sajakah penyebab dari penyakit usus buntu ini?

doktersehat-maag-gastritis

Usus buntu bisa terjadi karena adanya penyumbatan pada usus buntu. Beberapa makanan yang tidak bisa dicerna bisa terjebak dalam usus buntu dan kemudian menyebabkan pengerasan yang bisa membuat usus buntu membengkak. Selain itu, adanya bakteri yang masuk melalui makanan bisa berkembang biak dengan pesat dan membuat usus buntu pun mengalami pembengkakan atau infeksi. Selain bakteri, infeksi pada usus buntu juga bisa disebabkan oleh adanya virus gastrointestinal.

Saat usus buntu mengalami infeksi dan pembengkakan, kita pun akan mulai merasakan gejala-gejala dari usus buntu. Rasa sakit pada perut biasanya menjadi gejala awal dari penyakit ini. Anda sendiri bisa mengetahui apakah anda mengalami penyakit usus buntu atau tidak dengan cara yang mudah yakni tekan saja bagian bawah perut bagian kanan dan jika anda merasakan sakit, maka bisa jadi anda terkena penyakit usus buntu. Gejala usus buntu berikutnya adalah dengan seringnya anda mulai muntah-muntah dan rasa mual yang terus terjadi hingga lebih dari 12 jam. Penderita usus buntu juga kerap mengalami perut yang kembung sering kali buang gas. Jika dibiarkan begitu saja, maka penderitanya bisa mengalami demam tinggi dan keadaan usus buntu pun bisa jadi semakin memburuk.

Baca Juga:  Pertolongan Pertama pada Perdarahan Dalam

Sebelum kondisi tubuh anda semakin memburuk, segeralah periksakan kondisi tubuh anda jika sudah merasa mengalami gejala usus buntu ke dokter terdekat. Penanganan yang sedini mungkin bisa membuat penyembuhan usus buntu bisa dilakukan secepat mungkin dan anda pun akan segera pulih seperti sedia kala.