Beberapa Gejala Penyakit Tekanan Darah Tinggi

DokterSehat.Com – Meskipun termasuk dalam penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat, cukup banyak masyarakat yang justru kurang mengerti dengan baik ciri-ciri dari penyakit tekanan darah tinggi ini. Padahal, jika kita mengetahui gejala-gejala dari tekanan darah tinggi sejak awal, maka kita pun akan secara efektif mengurangi resiko terkena berbagai penyakit berbahaya lainnya layaknya serangan jantung atau stroke. Berikut adalah beberapa ciri dari penyakit tekanan darah tinggi yang sebaiknya kita waspadai.

doktersehat-Aneurisma-jantung-aorta

Rasa pusing pada kepala seringkali dianggap sebagai angin lalu saja. Padahal, gejala inilah yang paling umum terjadi bagi para penderita tekanan darah tinggi. Seringkali pusing akan muncul tiba-tiba tanpa adanya sebab yang pasti dan bahkan dalam beberapa kasus muncullah vertigo yang tentu akan sangat menyiksa. Jika kita sering mengalami pusing tanpa sebab, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi ini ke dokter dengan segera.

Seringkali penyakit tekanan darah tinggi disertai dengan mimisan pada hidung. Jangan pernah sepelekan gejala mimisan ini, apalagi jika mimisan terjadi cukup sering. Selain pendarahan pada hidung, penderita tekanan darah tinggi juga memiliki kecenderungan untuk sering mengalami rasa mual-mual dan kecenderungan mudah muntah. Mual dan muntah pada tekanan darah tinggi berbeda dari mual dan muntah biasa. Selain nafas yang cenderung lebih sesak, mual dan muntah juga bisa menyebabkan pandangan kabur.

Penderita tekanan darah tinggi juga memiliki gejala unik berupa seringnya mengalami kesemutan atau mati rasa pada beberapa bagian tubuh. Seringkali mati rasa atau kesemutan ini terjadi karena adanya kerusakan pada saraf yang diakibatkan tingginya tekanan darah pada tubuh. Dalam beberapa kasus, kesemutan atau mati rasa juga menjadi gejala awal dari penyakit stroke yang mematikan. Gejala terakhir dari penyakit tekanan darah tinggi adalah munculnya titik merah layaknya darah yang terdapat pada bola mata. Gejala ini tidak boleh disepelekan begitu saja dan sebaiknya harus diperiksakan ke dokter terdekat untuk penanganan medis yang tepat.