Beberapa Gejala Penyakit Sinusitis

DokterSehat.Com – Jika mendengar kata sinusitis, kita tentu langsung akan berpikir tentang rongga hidung kita. Ya, penyakit sinusitis memang berada di lokasi tersebut dimana area sinus atau rongga hidung mengalami peradangan yang bisa berdampak pada saluran pernafasan. Penderita sinusitis akan mengalami produksi lendir yang sangat tinggi dan jika dibiarkan, maka rongga hidung bisa menjadi sarang bakteri dan menyebabkan berbagai masalah pernafasan layaknya rasa nyeri, hidung tersumbat, hingga susah bernafas. Berikut adalah beberapa gejala penyakit sinusitis yang mudah untuk kita kenali.

doktersehat-hidung-muka-sindrom-kallmann

Pilek seringkali disepelekan sebagai penyakit biasa dan dianggap mudah untuk disembuhkan. Sayangnya, pilek bisa jadi adalah gejala paling awal dari penyakit sinusitis. Seringkali pilek yang disebabkan oleh penyakit sinusitis akan berlangsung cukup lama dan sulit untuk disembuhkan. Selain pilek, bagian gigi atau wajah juga bersiko mengalami tekanan yang cukup tinggi yang akan menyebabkan rasa nyeri para area tersebut. Rasa tertekan atau nyeri ini biasanya disebabkan oleh peradangan pada saraf yang terdapat pada area sinus dan seringkali dirasakan pada area dahi, pipi, gigi bagian atas, hingga area mata dan puncak kepala.

Gejala lain dari penyakit sinusitis adalah keluarnya lendir yang biasanya berwarna kuning, kehijauan, atau bahkan bening pada hidung. Produksi lendir yang berlebihan pada rongga sinus biasanya menjadi penyebab hal ini. Selain itu, penderita sinusitis juga akan cenderung lebih mudah merasa lelah dan mengalami penurunan penciuman dan juga pengecapan. Selaput hidung penderita sinusitis biasanya akan mengalami pembengkakan sehingga hidung pun akan kesulitan untuk membedakan bau-bau yang ditangkap. Indera pengecapan juga akan mengalami penurunan fungsi karena berkaitan erat dengan indera penciuman.

Baca Juga:  Awas, Terlalu Sering Memakai Pewarna Rambut Bisa Membuat Kepala Membengkak!

Selain batuk, penderita sinusitis juga akan mudah mengalami gejala batuk-batuk dan bau nafas yang cenderung kurang sedap. Lendir yang ada pada rongga hidung sudah terinfeksi dengan banyaknya bakteri yang tumbuh di area tersebut sehingga bau yang dikeluarkan oleh mulut dan hidung pun cenderung tidak enak. Selain itu, jika produksi lendir sudah sangat berlebihan, maka lendir ini bisa menyentuh area pita suara dan menyebabkan penyakit batuk. Jika hal ini dibiarkan begitu saja tanpa penanganan medis yang tepat, maka rongga sinus, bagian mata, hingga organ paru-paru pun bisa mengalami masalah besar di kemudian hari.