Beberapa Gejala Penyakit Asma Yang Perlu Kita Ketahui

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang cukup banyak diderita masyarakat tanah air adalah penyakit asma. Banyaknya penderita asma di Indonesia sebenarnya bisa dimengerti mengingat kondisi polusi udara di sebagian besar kota masih dalam kondisi sangat tidak baik sehingga memicu banyakanya orang yang menderita asma. Asma sendiri sering dikenal sebagai penyakit sesak nafas, meskipun penyakit ini sebenarnya adalah penyakit pada saluran pernafasan dimana paru-paru memiliki keterbatasan kemampuan bernafas karena pembengkakan dan juga semakin ketatnya tenggorokan. Penyakit ini sangatlah berbahaya jika dibiarkan tanpa penanganan dan bahkan bisa sangat mematikan jika tidak diobati dengan benar.



Serangan asma bisa saja datang tiba-tiba tanpa diduga saat kita dalam kondisi paling bugar sekalipun. Namun, kita bisa mengenali beberapa gejala dari penyakit asma layaknya batuk atau nafas yang sangat berat. Hanya saja, jika nafas anda mulai terasa sangat pendek sehingga anda memiliki kesulitan untuk tidur, maka bisa jadi ini adalah gejala awal dari penyakit asma. Suara sengau saat bernafas yang bahkan disertai dengan siulan juga merupakan gejala awal asma yang harus diwaspadai. Asma akan terindikasi semakin memburuk jika anda juga mengalami rasa sesak dan sakit pada bagian dada saat bernafas.

Sebelum asma ini menjadi asma yang kronis, kita bisa memakai beberapa resep herbal tradisional yang dipercaya dapat mengobati asma dengan efektif. Gunakanlah campuran bunga kenanga atau bunga matahari sebagai obat penyakit asma alamiah. Bunga kenanga yang direbus dalam air bisa ditambahi dua sendok teh gula pasir dan menjadi minuman obat yang efektif bagi penyakit asma. Ramuan bunga kenanga ini bisa diminum sekali sehari. Sementara itu, bagian tengah bunga matahari yang segar bisa direbus bersama dengan gula batu di dalam air yang mendidih. Ramuan bunga matahari dan gula batu ini bisa disaring dan kemudian dijadikan air obat yang bisa diminum. Selain obat herbal tradisional, kita juga bisa mendapatkan obat asma namun ada baiknya kita memeriksakan asma kita ke dokter terlebih dahulu agar mendapatkan penanganan yang paling tepat.

Baca Juga:  Inilah Penyakit yang Sering Menjangkit Mahasiswa