Beberapa Gangguan Kesehatan Yang Menyerang Jika Kita Menyalakan Lampu Saat Tidur

DokterSehat.Com – Bagi beberapa orang, tidur dengan kondisi yang gelap justru menjadi hal yang menakutkan karena tidak bisa melihat banyak hal di dalam gelap. Sayangnya, jika kita menuruti hal ini dan tidur dengan lampu menyala, tubuh kita justru beresiko terkena gangguan kesehatan. Cahaya lampu yang terang diduga akan mempengaruhi hormon melatonin pada tubuh, sebuah hormon yang berpengaruh besar dalam mengendalikan jam biologis pada tubuh termasuk menjaga kualitas tidur. Cahaya lampu yang terang akan menurunkan kadar hormon melatonin dan hasilnya dalah kita akan mendapatkan tidur yang kurang berkualitas sehingga bisa beresiko terkena berbagai masalah kesehatan.

doktersehat-tidur-lampu-menyala

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur dengan menggunakan lampu bisa memicu perubahan pada emosi seseorang layaknya depresi. Secara logika, jika kita mengalami susah tidur atau kekurangan waktu tidur, kita akan mengalami suasana hati yang kurang baik dan juga depresi. Selain depresi, cahaya yang terang saat kita tidur ternyata juga bisa berimbas pada perubahan pola makan yang pada akhirnya akan memicu masalah obesitas.

Paparan cahaya yang terang di waktu malam hari kala kita tidur ternyata secara langsung bisa mengganggu siklus tidur. Badan Kesehatan Dunia, WHO, bahkan menyebutkan jika hal ini bisa meningkatkan faktor resiko terkena penyakit kanker mematikan layaknya kanker prostat maupun payudara. Bagi kaum wanita, selain resiko terkena kanker payudara meningkat, cahaya terang di waktu tidur ternyata juga bisa membuat kesehatan organ reproduksinya terganggu, khususnya dalam hal membuat kekacauan pada siklus menstruasi.

Cobalah untuk membuat kamar tidur menjadi tempat yang paling tenang dan paling nyaman untuk tidur. Selain lampu, semua gadget dan peralatan elektronik yang memberikan cahaya sebaiknya juga dimatikan sebelum tidur. Andaipun anda tidak ingin suasana gelap total di kamar anda, anda bisa memakai lampu redup yang memakai warna merah dan jika anda terbangun di malam hari, ada baiknya anda tidak langsung menyalakan lampu yang terang agar kualitas waktu tidur anda tidak terganggu.