Beberapa Fakta yang Bisa Diketahui Tentang Olahraga Jogging

DokterSehat.Com – Jogging atau berlari adalah salah satu jenis olahraga yang paling murah sekaligus paling mudah untuk kita lakukan, namun memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Bagaimana tidak, cukup dengan memakai sepatu, kita bisa segera berlari dan tubuh pun akan menjadi semakin sehat. Pakar kesehatan menyebutkan jika kita rutin melakukan jogging, tubuh akan menjadi semakin bugar dan terjaga staminanya. Tak hanya itu, jika kita ingin menurunkan berat badan, olahraga ini juga akan secara efektif melakukannya. Ada beberapa fakta tentang olahraga ini yang sebaiknya kita ketahui sehingga kita pun akan mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal sekaligus terbebas dari cedera. Apa sajakah fakta-fakta tentang jogging?

doktersehat-lari-hilangkan-stres

Memang, kita bisa dengan mudah tinggal memakai sepatu yang aman dan nyaman untuk dipakai berlari dan langsung berangkat jogging, namun, ada baiknya kita juga memakai pakaian dengan bahan yang cenderung tipis dan menyerap keringat saat berlari. Usai berlari, segera ganti pakaian yang basah oleh keringat ini agar kita tidak terkena serangan hipotermia. Tak hanya itu, bawalah botol minuman agar menjaga tubuh kita tetap terhidrasi selama berlari.

Melakukan jogging juga sebaiknya diawali dengan pemanasan terlebih dahulu. Tak perlu berlama-lama, ambil waktu beberapa menit saja untuk melakukan pemanasan agar tubuh dan otot-otot meregang dan tidak kaget untuk dipakai berlari. Selain itu, cobalah untuk perlahan-lahan melangkahkan kaki dengan berjalan kaki atau berlari ringan terlebih dahulu sebelum benar-benar jogging dengan intensitas yang tinggi. Saat tubuh sudah merasa nyaman untuk berlari, barulah kita bisa meningkatkan kecepatan.

Ada baiknya kita menghindari pemakaian earphone karena kita bisa tidak benar-benar fokus saat berlari. Apalagi jika kita berlari di jalan raya, earphone akan menurunkan kewaspaan kita pada kendaraan yang berarti akan sangat beresiko bagi kita mengalami kecelakaan dan cedera.

Baca Juga:  Jangan Terlalu Sering Mengkonsumsi Roti Putih

Jogging sebaiknya jangan dilakukan jika kita masih memiliki luka atau ada sisa-sisa bagian tubuh yang mengalami cedera agar luka dan cedera ini tidak semakin parah dan segera sembuh.