Beberapa Fakta Unik Tentang Sperma

DokterSehat.Com – Sperma kerap kali dikaitkan sebagai simbol kejantanan kaum pria. Bagaimana tidak, dengan sperma inilah pria bisa mendapatkan keturunan bersama dengan pasangannya dan jika sperma seorang pria tidak sehat, maka tentu Ia akan dianggap tidak jantan karena tidak berhasil mendapatkan anak. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika sperma yang sehat biasanya memiliki kualitas dan kuantitas yang baik, selain berupa bentuk yang normal dan cenderung aktif. Sebenarnya, ada banyak sekali fakta unik tentang sperma yang bisa kita pelajari seperti sebagai berikut.

doktersehat-kesuburan-pria-paracetamol-viagra-overdosis

Tahukah anda jika sperma ternyata memiliki masa umur? Pakar kesehatan menyebutkan jika umur sperma sangatlah berbeda dengan usia sel telur pada wanita. Setelah produksi di testis dan kemudian dikeluarkan melalui ejakulasi, sperma yang ada pada tubuh wanita ternyata hanya mampu bertahan selama 5 hari saja dan kemudian akan mati pada permukaan yang kering. Uniknya, sperma ternyata juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diproduksi. Pakar kesehatan menyebutkan jika memang, pria akan memproduksi sperma dalam jumlah yang sangat banyak selama masa hidupnya, namun, akan membutuhkan setidaknya satu bulan untuk memastikan sperma tersebut benar-benar matang. Sebuah penelitian menyebutkan jika setidaknya dibutuhkan 46 hingga 72 hari bagi pria untuk memproduksi sperma yang sehat dan berkualitas.

Sperma sendiri ternyata memiliki bentuk dan kekuatan yang cenderung berbeda-beda. Para peneliti mengaku pernah menemukan sperma yang memiliki kecacatan layaknya sperma dengan dua kepala atau bahkan berekor ganda. Beberapa jenis sperma bahkan memiliki ekor dengan bentuk sperma. Sperma-sperma yang rusak ini tentu akan mempengaruhi performanya untuk mencapai hingga membuahi sel telur. Sperma sehat sendiri biasanya memiliki ekor yang panjang dan kepala yang berbentuk oval.

Baca Juga:  Mengenal Fase Penuaan Yang Terjadi Pada Pria

Produksi sperma sendiri terjadi pada testis pria dimana pada organ ini, suhu tubuh akan cenderung lebih rendah 13 derajat daripada bagian tubuh lain. Karena alasan inilah banyak pakar yang sangat tidak menyarankan pria memangku laptop yang bisa memicu kenaikan suhu pada testis dan membuat sperma menghangat dan merusaknya. Jagalah agar sperma ada dalam kondisi dingin dan sehat agar bisa membuat pria mendapatkan kejantanannya.