Beberapa Fakta Unik Tentang Pusar Ini Jarang Kita Ketahui

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengaku heran dengan fungsi dari pusar yang ada pada perut. Kita pun hanya mengetahui pusar sebagai hasil dari lepasnya tali pusar yang menghubungkan perut dengan plasenta yang menjadi sumber nutrisi saat kita masih berada dalam rahim ibu. Berikut adalah beberapa fakta unik tentang pusar yang perlu kita ketahui.

doktersehat-perut-gendut

Pusar adalah luka pertama kita
Pusar sebenarnya adalah jaringan bekas luka pertama kita yang terbentuk saat tali pusar yang menghubungan tubuh dengan plasenta ibu lepas. Saat tali pusar ini terpotong, tunggul yang masih menancap pada pusar pun lepas dan terbentuklah pusar pada perut kita.

Pusar memiliki banyak bakteri
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 berjudul A Jungle in There menyebutkan bahwa setidaknya ada 2.368 jenis bakteri yang ada dalam 60 pusar yang diteliti. Hal ini berarti, setidaknya setiap orang memiliki 67 jenis bakteri pada pusarnya.

Tidak semua orang memiliki pusar
Percayakah anda jika ada orang yang tidak memiliki pusar? Hal ini disebabkan oleh pusar yang terbentuk setelah lahir ternyata tipis atau kecil sehingga lama-kelamaan memudar dan membuat pusar ini menghilang dari perut.

Kotoran pusar bisa dijadikan keju
Pakar biologi bernama Christina Agapakis dan seniman bernama Sissel Tolaas melakukan sebuah eksperimen unik yang membuat 11 keju yang berasal dari bakteri yang didapatkan dari pusar, ketiak, mulut, serta jari kaki manusia. Meskipun terlihat menjijikkan, keju ini disebut-sebut bisa dimakan.

Menindik pusar beresiko infeksi
Banyak orang yang menindik pusarnya agar telihat lebih keren. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui jika berbeda dari bagian tubuh lainnya, proses penyembuhan luka pada pusar yang ditindik bisa mencapai enam bulan hingga satu tahun. Itupun lukanya harus dijaga tetap kering agar tidak mengalami infeksi. Jika sampai terkena infeksi, pusar pun akan terasa nyeri, berdenyut, membengkak, dan berwarna kemerahan.