Beberapa Fakta Unik Mengenai Bau Badan

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang bisa mempengaruhi kepercayaan diri seseorang adalah bau badan yang berlebihan. Banyak dari kita yang bahkan rela membeli produk perawatan tubuh khusus yang bisa melawan bau badan yang berlebihan ini. Tahukah anda jika bau badan sebenarnya memiliki beberapa fakta menarik yang jarang kita ketahui? Apa sajakah fakta-fakta menarik dari bau badan ini?

doktersehat-bau-badan-keringat-ketiak

Keringat bukanlah pemicu bau badan

Banyak dari kita yang berpikir jika semakin banyak kita memproduksi keringat, maka semakin bau tubuh kita. Padahal, dalam realitanya, keringat tidak berbau. Yang menjadi masalah adalah andai keringat bercampur dengan bakteri yang bisa membuat zat tertentu dari sekresi kelenjar keringat. Sayangnya, bakteri ini bisa saja ditemukan pada kulit kita, khususnya area ketiak yang banyak memproduksi keringat. Karena alasan inilah kita harus rutin membersihkan badan agar bakteri-bakteri pemicu bau badan ini enyah dari tubuh kita.

Bau badan pecinta daging dan vegetarian berbeda

Pola makan ternyata memiliki pengaruh pada bau badan kita. Jika kita kerap mengkonsumsi makanan layaknya daging merah yang memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna, maka kita akan cenderung memiliki bau badan yang lebih menyengat jika dibandingkan dengan mereka yang rutin mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran setiap hari.

Wanita suka dengan bau keringat pria

Meskipun banyak wanita yang menyangkalnya, namun pakar kesehatan menyebutkan jika ada perubahan fisik dan emosi pada tubuh wanita andai mencium aroma tubuh dari pria. Aroma tubuh pria ternyata memiliki senyawa kimia yang disbeut sebagai androstadienone yang bisa memberikan pengaruh besar pada suasana hati wanita.

Banyak orang yang memilih pasangan dari aroma tubuh

Tahukah anda jika aroma tubuh seseorang bisa membuat kita lebih tertarik padanya? Pakar kesehatan menyebutkan jika ada kecenderungan kita untuk meilih pasangan dengan sistem imun yang berbeda dari yang kita miliki, salah satunya bisa dikenali dari aroma tubuh. Ada kemungkinan ini adalah cara alami bagi kita yang ingin mendapatkan keturunan yang lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit.