Beberapa Fakta Tentang Penyakit Stroke

DokterSehat.Com – Stroke adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh hampir semua orang. Bagaimana tidak, dalam beberapa kasus stroke bisa memicu kematian dan memberikan trauma bagi anggota keluarga penderitanya. Stroke sendiri bisa menyebabkan aliran darah tersumbat sehingga membuat pembuluh darah pecah dan otak mengalami kekurangan asupan oksigen. Selain bisa memberikan kelumpuhan, stroke juga bisa mempengaruhi kualitas hidup seseorang dengan signifikan. Terdapat beberapa mitos tentang stroke yang dipercaya oleh masyarakat, apakah mitos-mitos ini benar secara medis?

doktersehat-Multiple-Sclerosis

Masyarakat masih berpikir bahwa stroke terbagi menjadi stroke ringan dan stroke berat. Dunia medis memiliki sebutan yang berbeda dimana stroke terbagi menjadi stroke iskemik dan juga stroke hemoragik. Stroke iskemik terjadi jika pembuluh darah mengalami penyumbatan dan menghalangi suplai darah ke otak, sementara itu, stroke hemoragik bisa menyebabkan pembuluh darah pecah. Penanganan dari kedua jenis stroke ini tentu sangatlah berbeda secara medis.

Masih banyak masyarakat yang menganggap stroke sebagai penyakit yang menyerang orang tua saja. Padahal, mitos ini sangatlah tidak benar adanya. Anak muda memiliki resiko yang cukup besar untuk mengalami stroke khususnya jika tidak memiliki gaya hidup dan pola makan yang sehat. Banyak anak muda yang memiliki kolesterol tinggi dan kadar gula darah yang berlebihan akan memiliki resiko terkena stroke cukup besar. Mitos berikutnya tentang stroke adalah penyakit ini hanya menyerang mereka yang mengalami masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Meskipun berkaitan erat dengan stroke, hipertensi hanyalah salah satu penyebab resiko tinggi dari stroke selain masalah diabetes, kolesterol tinggi, hingga gaya hidup yang buruk.

Mitos lain tentang stroke yang dipercaya oleh masyarakat adalah stroke bukanlah penyakit yang bisa dicegah dan akan menyerang kapan saja. Faktanya, stroke ternyata bisa dicegah sejak dini asalkan kita memiliki gaya hidup yang sehat. Kita bisa mencegah stroke dengan cara mengendalikan berat badan kita tetap ideal, menjaga tekanan darah tetap normal, dan menjaga kadar kolesterol agar tidak tinggi di dalam tubuh. Selain asupan makanan yang lebih sehat, kebiasaan berolahraga dengan rutin juga dipercaya mampu mengurangi resiko kita untuk terkena stroke.