Beberapa Fakta Tentang Penyakit Lupus yang Diderita Selena Gomez

DokterSehat.Com–  Dunia hiburan masih dikejutkan oleh fakta bahwa Selena Gomez harus rehat dari dunia hiburan dan bahkan melakukan transplantasi ginjal. Hal ini ternyata disebabkan oleh penyakit lupus yang selama ini dideritanya. Sebenarnya, seperti apakah sebenarnya penyakit lupus ini?

selena-gomez-transplantasi-ginjal

Penyakit dengan nama lengkap Lupus eritematous Sistemik adalah penyakit autoimun yang bisa menyerang banyak organ tubuh. Penderita penyakit ini akan memproduksi antibodi dengan berlebihan yang justru memicu peradangan dan kerusakan berbagai jaringan tubuh. Yang menjadi masalah adalah, gejala dari penyakit ini terkadang tidak bisa dikenali. Hanya saja, banyak penderita lupus yang mengalami gejala seperti kerap mengalami tubuh pegal-pegal serta nyeri dan pembengkakan pada persendian layaknya rematik. Mereka juga cenderung mudah capek dan demam. Gejala lain yang bisa dialami penderita lupus adalah wajah kemerahan, munculnya bitnik-bintik, kerontokan rambut yang cukup parah, kerap terkena sariawan, dan sensasi pusing saat terkena paparan sinar matahari.

Lupus juga cenderung kerap menyerang wanita dengan usia muda, tepatnya yang berusia 10 hingga 30 tahun. Hanya saja, kaum pria juga bisa terkena masalah ini meskipun persentasenya hanyalah 15 persen dibandingkan dengan 85 persen kasus lupus pada wanita.

Pakar kesehatan Prof. dr. Zubairi Djoerban, SpPD KHOM menyebutkan bahwa penyakit ini ternyata tidak termasuk dalam penyakit turunan meskipun ada kasus kecil dimana 5-6 persen memang disebabkan karena faktor keturunan.

Bagi kaum hawa yang terkena lupus, mereka tidak perlu khawatir tidak akan mendapatkan keturunan nantinya. Mereka masih bisa hamil meskipun memang harus benar-benar dalam pengawasan dokter. Hal ini disebabkan oleh adanya kemungkinan lupus menjadi semakin aktif saat hamil.

Penyakit lupus juga cenderung semakin memburuk seiring dengan waktu. Hal ini ditandai dengan rusaknya organ tubuh seperti paru-paru, hati, ginjal, atau bahkan otak. Karena alasan inilah pasien lupus sangat disarankan untuk selalu meminum obatnya seumur hidup. Penderita lupus juga tidak bolah mengalami stress atau kelelahan karena bisa membuat penyakit ini kambuh.