Beberapa Fakta Tentang Kutil Kelamin

DokterSehat.Com – Kutil kelamin adalah salah satu masalah kesehatan yang bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Seringkali, kutil kelamin terjadi karena kita kurang baik dalam menjaga kesehatan kelamin kita. Meskipun kutil kelamin termasuk tidak berbahaya, ada baiknya kita mencegahnya karena bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan bahkan menurunkan rasa percaya diri. Kita pun sebaiknya lebih baik dalam memahami beberapa fakta mengenai kutil kelamin seperti sebagai berikut.

doktersehat-wanita-vagina-celana-dalam-Herpes-Genital-infeksi-menular-seksual

Virus penyebab kutil kelamin sama dengan yang menyebabkan kanker serviks
Tahukah anda jika virus penyebab kutil kelamin ternyata sama dengan yang menyebabkan kanker serviks yang sangat berbahaya itu? Keduanya ternyata sama-sama disebabkan oleh human papilloma virus atau HPV meskipun jenis virusnya berbeda dimana virus HPV penyebab kanker serviks adalah yang bertipe 16 dan 18 sementara virus HPV penyebab kutil kelamin adalah yang bertipe 6 dan 11. Penularan dari virus ini kerap kali terjadi karena hubungan intim atau berbagai alasan lainnya.

Bisa muncul pada dalam vagina
Layaknya kutil biasanya, kita tentu berpikir jika kutil kelamin akan muncul pada bagian luar kelamin saja. Padahal, dalam realitanya kutil kelamin bisa muncul pada leher rahim atau serviks. Biasanya, kutil kelamin yang muncul ini akan menimbulkan gejala nyeri, gatal-gatal, hingga sensasi terbakar. Berbeda dengan kaum wanita, kebanyakan kutil kelamin hanya akan muncul pada penis dan sekitarnya saja.

Bisa kambuh
Meskipun sudah diobati, namun andai kita masih kurang baik dalam menjaga kebersihan kelamin, maka kutil kelamin bisa saja kambuh kembali. Selain itu, andai kita melakukan hubungan intim dengan tidak sehat atau berganti-ganti pasangan, kemungkinan kutil kelamin kambuh kembali tentu meningkat beserta dengan resiko penyakit-penyakit lainnya.

Baca Juga:  Wanita Rentan Keropos Tulang

Kerap kali disangka wasir
Sebagian kutil kelamin muncul pada area dekat dengan anus sehingga kerap disangka sebagai wasir. Biasanya kutil kelamin pada anus akan membuat sensasi mengganjal dengan bentuk mirip dengan kembang kol namun tidak memicu pendarahan. Hanya saja, kutil ini bisa menutup lubang anus atau mengalami infeksi sehingga tentu harus segera ditangani dengan baik.