Beberapa Fakta Tentang Asma yang Jarang Diketahui

DokterSehat.Com – Tahukah anda? Persentase penderita penyakit asma di dunia ternyata sangat tinggi dimana ada kemungkinan 1 dari dua orang mengidap masalah pernafasan ini. Kebanyakan dari kita mengenal asma sebagai kondisi dimana saluran pernafasan terasa sangat sempit sehingga kita menghirup udara dengan berat. Banyak orang yang kesulitan untuk berolahraga dengan maksimal akibat memiliki penyakit ini. Berikut adalah beberapa fakta tentang penyakit asma yang jarang kita ketahui.

doktersehat-wanita-sakit-asma-asthma-hidung-paru

Banyak orang yang berpikir jika andai saat masa anak-anak dan remaja kita sama sekali tidak mengalami gejala asma, maka kita terbebas dari penyakit ini seumur hidup. Padahal, dalam realitanya ini sama sekali tidak benar. Memang, umumnya gejala asma akan muncul sebelum usia kita genap lima tahun, namun, gejala ini bisa muncul kapan saja, apalagi jika kita mengalami alergi pada beberapa hal. Ada banyak sekali aspek yang bisa membuat kita terkena asma; dari yang berupa faktor genetik, faktor hormon, faktor lingkungan, dan lain sebagainya.

Asma kerap kali terjadi saat kita sedang dalam kondisi yang aktif dimana saluran bronchial tiba-tiba mengalami penyempitan sehingga akan terjadi kekejangan otot pada area sekitarnya. Hal inilah yang membuat sensasi nafas yang sangat sesak. Asma juga bisa terjadi saat kita berolahraga, khususnya jika kita melakukannya di luar ruangan dan cuaca cenderung kering dan dingin.

Alergi dan asma kerap kali muncul bersamaan. Pakar keseahtan Albert Rizzo, MD dari American Lung Association mengungkapkan jika reaksi pada penyebab alergi layaknya debu, serbuk, atau bahkan hewan peliharaan akan mampu membuat peradangan pada saluran udara yang memicu kekejangan otot dan asma. Selain itu, asma juga bisa disebabkan oleh kondisi psikologis seseorang, khususnya saat berada dalam kondisi panik, stress, atau bahkan terkejut yang membuat otot-otot pada saluran pernafasan menjadi lebih kencang dan tegang.