Beberapa Fakta Mengenai Transplantasi Organ Tubuh

DokterSehat.Com – Belakangan ini kita mendengar berita tentang maraknya perdagangan organ ginjal yang dilakukan beberapa orang demi mendapatkan sejumlah uang yang dibutuhkan. Organ ginjal memang berharga cukup mahal dan adanya kepercayaan bahwa kita masih tetap bisa hidup dengan satu ginjal membuat banyak orang yang memilih jalan ini saat membutuhkan uang dalam keadaan mendesak. Apakah kegiatan ini termasuk dalam hal yang ilegal? Berikut adalah beberapa fakta yang bisa kita ketahui mengenai transplantasi organ tubuh layaknya ginjal.

doktersehat-kesehatan-jantung

Transplantasi organ sering kali dianggap oleh pakar kesehatan sebagai pilihan terakhir untuk menyelamatkan nyawa seseorang setelah berbagai cara pengobatan tidak lagi berhasil. Transplantasi organ sendiri bisa berarti mengganti organ tubuh yang telah rusak dengan organ yang berasal dari orang lain yang masih dalam keadaan yang baik. Organ tubuh orang lain bisa jadi adalah organ dari orang yang sudah meninggal, namun, dalam beberapa kasus, organ tubuh orang yang masih hidup juga bisa disumbangkan meskipun ada resiko besar dalam hal kesehatan atau kualitas hidup dari pendonor organ tersebut.

Menyumbangkan organ tubuh tidaklah semudah yang kita bayangkan. Terdapat banyak sekali faktor layaknya kecocokan organ tubuh, adanya faktor resiko terkena penyakit, atau bahkan tentang apakah pendonor akan mengalami resiko kesehatan yang tidak baik atau tidak setelah mendonorkan organnya. Transplantasi organ tubuh memang sangat rumit sehingga tidak semua anggota keluarga dari pasien yang membutuhkan transplantasi organ bisa dengan mudah mendonorkan organ tubuhnya mengingat banyak sekali pengetesan yang harus dilakukan.

Satu hal yang pasti adalah, menjadi pendonor organ tubuh sering kali disebabkan oleh alasan kemanusiaan. Sehingga jika ada seorang yang mendonorkan organ tubuhnya, maka hal ini adalah hal yang ilegal. Hal ini berarti, jika anda berminat untuk mendonorkan salah satu ginjal anda sebagaimana beberapa orang yang sering kita dengar di berita ini, anda telah beresiko melakukan sesuatu hal yang ilegal dan jika anda telah mendonorkan salah satu ginjal anda, maka anda pun harus melakukan gaya hidup dan pola makan yang jauh berbeda dari kehidupan normal sekarang mengingat kinerja ginjal yang tersisa tentu akan jauh lebih berat dari sebelumnya. Selain itu, banyak kasus dimana mereka yang mendonorkan organnya harus melakukan bedah mayor yang tentu beresiko tinggi dan memungkinkan adanya rasa luka operasi yang sulit untuk hilang.

Baca Juga:  Waspadalah Resiko Ini Mengintai Anda Yang Sering Berpergian Jauh