Beberapa Fakta Mengenai Penyakit Katarak

DokterSehat.Com – Sebagaimana organ tubuh lainnya, kita tentu harus pandai-pandai menjaga kesehatan mata kita dengan baik. Mata bisa mempengaruhi aktifitas harian kita dengan signifikan karena dengan matalah kita bisa melihat, berpindah ke tempat lain, menggunakan benda, atau bahkan mendapatkan keseimbangan tubuh. Terdapat beberapa penyakit yang berpotensi menyerang kesehatan mata, salah satunya adalah penyakit katarak. Katarak sendiri akan membuat gangguan kelihatan mengingat mata akan dilapisi semacam selaput yang cukup sulit untuk dihilangkan. Berikut adalah beberapa fakta mengenai penyakit katarak.

doktersehat-Retinopati-Diabetikum

Masyarakat umum cenderung menganggap penyakit katarak adalah penyakit yang identik dengan usia lanjut. Memang, dalam realitanya banyak sekali lansia yang mengeluhkan gangguan penglihatan yang disebabkan oleh katarak. Dalam realitanya, katarak ternyata bisa menyerang siapa saja. Pakar kesehatan sendiri menyebut katarak sebagai penyakit yang tidak mengenal usia, bahkan bagi mereka yang masih berusia sangat muda.

Beberapa orang memiliki katarak pada salah satu matanya saja sehingga mereka cenderung mengabaikannya asalkan masih bisa menggunakan mata lainyya dengan normal. Padahal, pembiaran pada penyakit katarak bisa membuat masalah yang jauh lebih besar karena katarak pada satu mata akan lambat laun menular pada mata lainnya. Karena alasan inilah sebaiknya katarak, meskipun baru menyerang satu mata saja, harus segera diobati. Katarak sendiri ternyata tidak menyerang keseluruhan mata. Padahal, katarak hanya akan menyerang bagian luar mata dimana penyakit ini akan memberikan selaput yang membuat pandangan kita terganggu. Kita bisa membayangkan kaca helm atau kaca rumah kita yang tidak jelas karena dilapisi kotoran. Kotoran-kotoran inilah yang bisa dianalogikan sebagai katarak pada mata kita.

Sejauh ini, pengobatan satu-satunya yang dibutuhkan oleh penderita katarak adalah dengan melakukan operasi. Mengingat operasi ini hanya menghilangkan selaput pada bagian luar mata, maka operasi pun tergolong operasi ringan dan memiliki rasio keberhasilan hingga 96 persen. Andai ada anggota keluarga yang menderita katarak, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisinya ke dokter dan segera dioperasi sehingga kondisi penglihatannya kembali membaik.