Beberapa Fakta Mengenai Kafein

DokterSehat.Com – Saat kita mendengar kata kafein, hal pertama yang akan langsung terpikirkan tentu saja adalah minuman kopi. Kopi sendiri memang termasuk dalam minuman yang mengandung bahan kafein cukup tinggi. Namun, tahukah anda jika beberapa minuman lainnya layaknya teh, kokoa, atau bahkan minuman bersoda dan minuman berenergi juga memiliki kandungan akfein di dalamnya? Minuman berkafein sendiri cukup digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. Sebagai contoh, masyarakat Korea Selatan sudah dikenal luas sebagai pecandu kopi yang sangat besar. Penelitian yang dilakukan di John Hopkins University bahkan mengklaim jika dari semua masyarakat yang tinggal di Amerika Utara, kira-kira 80 hingga 90 persen diantaranya adalah para penikmat minuman berkafein yang bisa mengkonsumsinya setiap hari secara teratur.

doktersehat-kopi-demensia

Yang unik dari kandungan kafein pada daun teh, biji kopi, atau kokoa, adalah, kafein yang cenderung pahit di tanaman adalah sebuah sistem pertahanan tumbuhan untuk melawan hama. Hanya saja, zat alami tanaman ini justru dianggap memiliki rasa yang khas dan nikmat dikonsumsi setiap hari. Tahukah anda, jika tubuh kita mengkonsumsi kafein dari minuman-minuman layaknya kopi atau teh, maka kandungan kafein ini bisa segera memasuki peredaran darah setelah 15 menit kita mulai meminumnya. Kandungan kafein yang memasuki peredarah darah ini bisa menghalangi adenosine, sebuah zat kimia otak yang bisa memicu rasa kantuk. Selain itu, kafein juga diyakini mampu membuat tekanan darah dan detak jantung meningkat dengan signifikan. Efek pada tubuh dari kafein ini sendiri biasanya hanya akan bertahan dalam satu jam saja.

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika meskipun bisa menyebabkan efek baik bagi tubuh, konsumsi kafein juga sebaiknya dibatasi hingga hanya 400 miligram saja setiap hari atau jika anda meminum kopi, anda sebaiknya hanya meminum maksimal 4 atau 5 cangkir kopi saja. Jika kita mengkonsumsi kafein berlebihan, bisa jadi irama detak jantung akan kacau dan bahkan bisa menyebabkan masalah kesehatan. Dalam beberapa kasus, mereka yang terlalu banyak meminum kafein juga bisa memiliki tekanan darah meningkat drastis, kesulitan tidur, hingga kecemasan yang berlebihan.