Beberapa Fakta Mengenai Gula Darah

DokterSehat.Com – Mendengar istilah gula darah tentu akan langsung terbesit pikiran tentang penyakit diabetes. Memang diabetes seringkali disebabkan oleh tidak terkendalinya kadar gula di dalam tubuh. Hanya saja, sebagian besar masyarakat kurang mengetahui berbagai fakta tentang gula darah bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita pelajari mengenai gula darah.

doktersehat-diabetes-penyakit-berbahaya-bisul-hemofilia-A-tes-HbA1c

Tak selalu makanan yang terasa manis, makanan yang memang memiliki kandungan kalori yang tinggi dan disertai dengan kebiasaan buruk seseorang yang jarang bergerak ternyata bisa menimbulkan masalah kenaikan berat badan yang tak terkendali sekaligus meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika kita harus lebih pandai dalam mengendalikan kadar gula darah dan mulai memperbanyak asupan serat untuk menurunkan resiko terkena penyakit diabetes. Selain itu, jika kita mampu menurunkan berat badan agar menjadi ideal, maka kitapun akan memiliki level gula darah yang lebih rendah yang berimbas pada menurunnya reisko terkena penyakit diabetes.

Kadar gula darah yang sangat tinggi dalam tubuh ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi beberapa organ tubuh, khususnya jantung dan ginjal. Pada ginjal, kadar gula darah yang tinggi akan ikut merusak unit penyaringnya sehingga fungsi ginjal secara keseluruhan akan terganggu. Gejala awal yang akan muncul biasanya adalah adanya ekskresi albumin pada urin. Jika hal ini dibiarkan, tubuh bisa mengalami gagal ginjal. Selain itu, organ jantung ternyata juga bisa ikut rusak jika kadar gula darah sangat tinggi. Pembuluh darah akan mengalami kerusakan sehingga peredaran darah pun menjadi tidak lancar. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, kita pun akan beresiko mengalami serangan jantung.

Kadar gula darah yang tinggi ternyata juga ikut berimbas pada perubahan lensa mata sehingga bisa memperburuk penglihatan seseorang. Penyakit diabetes sendiri memiliki kaitan erat dengan masalah glaukoma, katarak, hingga retinopati, sebuah kerusakan pada saluran retina yang beresiko menyebabkan kebutaan. Dengan adanya fakta-fakta ini, kita tentu sebaiknya pandai-pandai menerapkan gaya hidup sehat sehingga kadar gula dalam darah tetap seimbang dan tidak beresiko menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.