Beberapa Fakta Mengenai Ejakulasi Dini Pada Pria

DokterSehat.Com – Ejakulasi dini adalah salah satu mimpi buruk yang sangat tidak ingin dialami oleh semua pria di dunia ini. Ejakulasi dini bahkan bisa mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Dengan mengalami ejakulasi dini, hubungan intim diantara suami dan istri bisa berakhir dengan kekecewaan. Ejakulasi dini sendiri adalah kondisi dimana pria tidak bisa mengendalikan ejakulasi pada tubuhnya dan pada akhirnya akan membuat hubungan intim berakhir dengan cenderung lebih cepat. Pakar kesehatan sendiri mencatat jika pria rata-rata akan melakukan ejakulasi setelah tiga hingga lima menit setelah mulai melakukan penetrasi. Sayangnya, penderita ejakulasi dini justru hanya mampu bertahan dalam rentang sekitar satu menit setelah mulai melakukan penetrasi.

doktersehat-penyakit-kelamin-sifilis

Masalah ejakulasi dini bagi setiap orang ternyata berbeda-beda. Ada beberapa pria yang mengalami ejakulasi dini pada suatu hubungan namun tidak merasakannya pada hubungan yang lain. Selain itu, ejakulasi dini juga bisa disebabkan oleh faktor fisiologis sekaligus faktor biologis dimana dalam faktor fisiologis, tubuh akan segera melakukan ejakulasi dengan segera setelah penetrasi karena adanya faktor kecemasan, disfungsi ereksi, atau bahkan permasalahan pada hubungan. Sementara itu, faktor biologis pada masalah ejakulasi dini dipengaruhi dengan adanya anomali pada kadar testosteron atau pada beberapa jenis neurotransmitter. Selain itu, adanya masalah pada tiroid, peradangan, uretra, atau bahkan infeksi pada prostat bisa menjadi penyebab masalah ini. Pakar kesehatan sendiri membagi ejakulasi dini menjadi dua jenis, yakni ejakulasi dini primer dimana ejakulasi dini hanya akan terjadi saat pertama kali berhubungan intim saja namun jika tidak ditangani dengan benar akan berlanjut terus menerus sepanjang hidupnya. Sementara itu ejakulasi dini sekunder sendiri terjadi sebelum ejakulasi dini mulai terjadi.

Baca Juga:  Kelelahan Membuat Wajah Menjadi Kusam

Banyak pria yang mengalami stress dan kekecewaan besar sat mengetahui dirinya memiliki masalah ejakulasi dini. Dalam beberapa kasus, ejakulasi dini bahkan bisa mempengaruhi faktor kesuburan dari pasangan tersebut. Jika anda mengalami masalah ejakulasi dini, segera periksakan kondisi ini ke dokter tedekat agar mendapatkan konseling atau bahkan obat-obatan yang bisa meredakan masalah ini. Tak perlu malu untuk melaporkan kondisi ini karena jika anda sudah mendapatkan penanganan yang tepat, anda tidak akan perlu cemas lagi saat anda melakukan hubungan dengan pasangan anda.