Beberapa Fakta Mengenai Bau Badan

DokterSehat.Com – Salah satu masalah yang bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang dengan signifikan adalah jika Ia memiliki masalah pada bau badan. Bau badan yang berlebihan bisa membuat seseorang tidak percaya diri karena menganggap baunya akan mengganggu orang lain saat mereka bercakap-cakap. Padahal, kita tinggal di negara yang cenderung panas dan berpotensi menyebabkan banyak keringat yang berbau, apalagi jika tubuh memiliki banyak bakteri. Berikut adalah beberapa fakta mengenai bau badan yang bisa kita ketahui.

doktersehat-pria-deodoran-semprot-spray

Bau badan yang tidak sedap kerap kali dikaitkan dengan produksi keringat yang berlebihan. Memang, keringat yang bercampur dengan bakteri, khususnya yang ada di ketiak atau lipatan lain bisa berpotensi menyebabkan bau yang sangat tidak seaht. Namun, tahukah anda jika dalam tubuh kita terdapat dua jenis kelenjar keringat. Kelenjar keringat pertama adalah kelenjar ekrin yang ditemui hampir di sekujur tubuh yang berfungsi untuk menjaga suhu tubuh. Sementara itu, kelenjar aprokin yang banyak tersedia di kulit kepala, ketiak, hingga selangkangan memiliki kecenderungan adanya folikel rambut. Keringat yang dihasilkan oleh kelenjar aprokin ini cenderung lebih berlemak dan berpotensi memberi bau yang tidak sedap. Sebagai contoh, area rambut kepala juga akan cenderung mudah menyebabkan bau yang tidak sedap, bukan? Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika rambut seseorang semakin lebat namun tidak dirawat dengan baik, maka potensi menyebabkan bau kurang sedap pun meningkat tajam.

Bau badan bisa dipengaruhi oleh makanan apa yang kita konsumsi dan juga kondisi psikologis kita. Tak percaya, cobalah untuk banyak mengkonsumsi makanan berbau tajam layaknya bawang putih. Anda tentu akan memiliki bau badan yang kurang sedap nantinya. Selain itu, saat kiat gugup, stress, atau bahkan cemas, maka kita pun akan memproduksi keringat secara berlebihan yang bisa memicu bau badan yang kurang sedap.

Baca Juga:  RSPAD Gatot Soebroto

Bau badan sendiri kerap dikaitkan dengan orang yang kurang baik dalam membersihkan tubuh, terutama saat mandi. Sayangnya, jika kita membersihkan tubuh terlalu berlebihan layaknya dengan memberikan alkohol pada area ketiak, maka kita justru bisa membuat masalah bau badan menjadi jauh lebih besar. Alkohol akan memicu kulit kering dan justru menambah produksi keringat yang bisa memicu bau badan lebih besar. Cobalah untuk memakai deodoran yang aman bagi tubuh, atau jika diperlukan, gunakan semacam terapi medis yang bisa mengurangi bau badan dengan aman.