Beberapa Fakta Menarik Tentang Orang yang Kidal

DokterSehat.Com – Tahukah anda jika 10 persen dari seluruh orang yang ada di seluruh dunia adalah orang yang kidal atau melakukan berbagai aktifitas dengan tangan kiri? Hal ini membuat banyak dari mereka terlihat sangat unik mengingat berbagai hal layaknya menulis, atau memakai beberapa peralatan olahraga dilakukan dengan tangan atau kaki kiri. Pakar kesehatan sendiri belum benar-benar mengetahui penyebab dari mengapa seseorang menjadi kidal. Namun, ada kemungkinan otak yang mengendalikan tubuh bagian kiri pada orang yang kidal memang cenderung lebih aktif dan berbeda jika dibandingkan dengan mereka yang normal. Berikut adalah beberapa fakta menarik yang didapatkan dari mereka yang kidal.

doktersehat-tangan-kidal-kiri

Cenderung lebih sering terjadi pada anak kembar
Tahukah anda jika anda memiliki anak yang kembar, maka anak kembar ini memiliki kemungkinan besar menjadi kidal? Memang, rasio anak kembar menjadi kembar lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak yang bukan kembar. Namun, banyak pula anak yang bukan kembar yang kidal.

Memiliki resiko besar terkena beberapa jenis penyakit
Dari sebuah penelitian, diketahui jika mereka yang kidal memiliki kecenderungan mengalami gangguan tidur. Penelitian ini menyebutkan jika 94 persen orang yang kidal mengalami gangguan tungkai pada saat tidur yang bisa mempengaruhi kualitas tidurnya dengan signifikan. Selain itu, wanita yang kidal ternyata memiliki resiko besar untuk terkena kanker payudara. Bahkan resiko ini bisa meningkat dengan signifkkan andai wanita sudah mengalami fase menopause. Gangguan kesehatan terakhir yang bisa menyerang mereka yang kidal adalah gangguan mental dimana 40 persen dari penderita skizofrenia ternyata diketahui adalah orang yang kidal.

Memiliki keuntungan dalam turnamen olahraga
Karena unik, banyak atlet olahraga kidal yang mendapatkan keuntungan karena cenderung memiliki gerakan yang susah diantisipasi. Atlet tenis, baseball, dan tinju yang kidal banyak yang sukses karena alasan ini. Contoh terkini yang cukup banyak dikenal orang adalah Rafael Nadal yang sangat sukses di dunia tenis pria.