Beberapa Efek Negatif Dari Memakan Makanan Pedas

DokterSehat.Com – Indonesia adalah negara yang terkenal karena memiliki banyak jenis makanan yang sangat pedas. Masyarakat tanah air memang termasuk orang yang gila pedas dimana banyak orang yang berpikir jika makan tidak memakai sambal maka serasa ada yang kurang nikmat. Memang, dengan mengkonsumsi makanan pedas, tubuh menjadi lebih segar, lebih nikmat, hingga lebih mantap. Namun, memakan makanan pedas dengan frekuensi yang cukup sering juga bisa memberikan efek kurang baik bagi tubuh.

doktersehat-lambung

Makanan yang berasa pedas biasanya memiliki kandungan cabai yang cukup tinggi. Meskipun sangat mantap untuk dimakan, memakan masakan yang pedas juga bisa memberikan efek buruk bagi saluran pencernaan. Banyak laporan dimana makanan yang pedas ternyata bisa memberikan efek berupa iritasi yang cukup parah pada saluran pencernaan. Kandungan capsaicin pada cabai inilah yang bisa memicu iritasi parah dan beberapa bagian saluran pencernaan layaknya lidah, mulut, atau bahkan tenggorokan bisa merasa sangat panas hingga beberapa saat. Kandungan capsaicin juga bisa memicu peradangan pada area selaput lendir yang berada pada mulut, tenggorokan, atau bahkan perut. Rasa panas dan terbakar biasanya menjadi penanda adanya gejala ini.

Memakan makanan yang pedas juga bisa membuat dinding lambung mengalami kerusakan. Di dalam lambung, terdapat lapisan pelindung yang kemudian semakin terkikis akibat makanan yang terlampau pedas. Tipisnya lapisan pelindung ini tentu akan membuat dinding lambung mudah terkena infeksi karena banyaknya kandungan asam dari makanan pedas yang dikonsumsi. Selain itu, makanan pedas juga bisa menyebabkan masalah tukak lambung dan menyebabkan beberapa penyakit lambung lain layaknya gastritis atau maag akut justru semakin memburuk.

Dengan adanya berbagai dampak buruk ini, bukan berarti kita harus selalu menghindari masakan yang pedas nan nikmat ini. Kita hanya harus lebih cermat agar tidak terlalu banyak mengkonsumsinya meskipun terasa sangat nikmat dan enak. Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas, bisa jadi kita akan mengalami insomnia karena suhu tubuh yang cenderung lebih panas dan perut yang sensitif dengan makanan-makanan yang pedas.

Baca Juga:  Mengenal Gangguan Makan Yang Disebut Sebagai Drinkorexia