Beberapa Cara Merawat Kesehatan Sendi

DokterSehat.Com – Hampir semua orang hanya akan melakukan olahraga sesekali saja. Selain karena kesibukan aktifitas harian yang sangat padat. Banyak orang yang cenderung malas berolahraga karena sudah merasa sangat lelah dan memilih untuk tiduran seharian di saat akhir pekan tiba. Padahal, jika kita melakukan olahraga dengan rutin, kita bisa membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Selain itu, olahraga yang rutin juga bisa membuat sendi menjadi lebih sehat, lebih kuat, dan bahkan lebih fleksibel hingga tua nanti. Dengan sendi yang kuat di hari tua, kehidupan tentu akan semakin berkualitas, bukan? Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan sendi yang bisa kita lakukan dengan mudah.

doktersehat-senam-kegel-neuormove

Berolahraga tentu menjadi cara pertama untuk membuat sendi tetap sehat. Untuk bisa membuat kita rutin melakukan olahraga, kita tentu harus memilih olahraga apa yang sekiranya kita sukai dan bisa terus kita lakukan secara rutin. Olahraga layaknya berlari, berenang, bermain futsal, atau bahkan bermain tenis bisa kita lakukan untuk menyehatkan persendian tubuh. Selain olahraga-olahraga tersebut, kita juga bisa melakukan latihan beban di pusat kebugaran untuk merawat kesehatan sendi kita. Dengan rutin melakukan beban, otot-otot bisa menjadi lebih kuat dalam mendukung persendian. Jika kita tidak punya waktu atau dana untuk pergi ke tempat kebugaran, kita juga bisa membuat latihan beban sendiri dengan mengangkat botol berisi air satu liter dengan rutin dan bertahap dalam waktu yang lama.

Jika sendi terasa bermasalah, maka kita tidak boleh langsung memaksakan sendi untuk berolahrga dengan keras. Cobalah untuk melakukan pemanasan secara bertahap dari yang ringan sehingga sendi bisa menyesuaikan gerakan olahraga. Trik ini diyakini bisa mencegah rasa sakit pada sendi saat kita melakukan left.

Baca Juga:  Suka Berlari di Malam Hari? Perhatikan Hal-Hal Berikut

Saat kita melakukan olahraga, jangan terlalu memaksakan latihan jika tubuh menunjukkan tanda-tanda rasa sakit pada persendian. Jika kita paksakan, bisa jadi persendian justru mengalai rasa sakit atau bahkan kerusakan. Andai kita sudah mengurangi porsi latihan atau berhenti sejenak namun sendi tetap merasa sakit, cobalah untuk memeriksakan kondisi ini ke dokter sehingga kita bisa mengetahui penanganan apa yang tepat untuk menjaga kesehatan persendian kita.