Beberapa Cara Mendeteksi Kanker Payudara Sejak Dini

DokterSehat.Com – Kaum wanita biasanya memiliki ketakutan untuk mendapatkan penyakit kanker payudara. Selain menyerang payudara tubuh, kanker payudara bisa menyebar dengan cepat ke organ-organ tubuh lainnya dan bisa memicu kematian. Kanker payudara sendiri adalah kondisi dimana banyak sel-sel yang tidak normal tumbuh pada kelenjar dan jaringan pada payudara. Agar kita tidak mendapatkan masalah kanker payudara ini, kita tentu harus tahu bagaimana cara untuk mendeteksi adanya kanker payudara sejak dini. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui apakah kita memiliki penyakit kanker payudara atau tidak.



Pakar kesehatan berkata jika waktu paling tepat untuk memeriksa payudara adalah pada hari ke tujuh atau ke 10 selama fase menstruasi. Pada waktu inilah jaringan payudara akan tidak begitu sensitif sehingga bisa kita cek jika terjadi keanehan di dalamnya. Gunakan cermin yang bisa menunjukkan payudara secara jelas. Perhatikan dengan seksama payudara secara keseluruhan, dari bentuk atau permukaan kulitnya. Payudara normal biasanya memang tiadk simetris dan tidak memiliki bentuk yang sama. Selain itu, cobalah cek apakah payudara terlihat ada pembengkakan atau benjolan yang tidak normal. Perhatikan pula apakah ada hal yang aneh pada puting payudara.

Tekuk siku dan arahkan tangan di belakang kepala dan kemudian dorong siku ke arah depan dan kemudian ke belakang. Biasanya otot dada akan berkontraksi pada gerakan tersebut dan payudara harus kita cermati. Selain itu, posisikan tangan di pinggang dan concongkan bahu ke depan hingga payudara menggantung dan kemudian kencangkan kembali otot pada dada. Setelah itu, cobalah untuk mengangkat lengan kiri ke atas dan tekuk siku hingga tangan menyentuh bahu atau punggung atas dan kemudian gunakan jari tangan kanan untuk meraba dan menekan payudara kiri hingga ke bagian ketiak.

Baca Juga:  Zat Karsinogen Pada Asap Picu Kanker Paru

Cobalah untuk membuat gerakan melingkar secara vertikal pada daerah tepi payudara hingga ke puting dan sebaliknya. Setelah itu, cobalah untuk mencubit puting anda. Jika puting kemudian mengeluarkan cairan, anda harus mengeceknya ke dokter terdekat. Setelah itu, cobalah untuk berbaring dengan bantal di bawah punggung. Angkatlah salah satu lengan dan cobalah melakukan gerakan melingkar dan mencubit puting pada payudara secara bergantian.

Beberapa hal yang biasanya harus kita cermati dan harus segera kita periksakan ke dokter adalah jika kita menemukan benjolan keras pada payudara atau sekitar ketiak yang hanya muncul pada satu sisi dan tidak terasa sakit. Salah satu payudara bisa jadi mengalami pembengkakan dan tiba-tiba muncul pembuluh darah atau lekukan. Selain itu, payudara yang cenderung mengeras atau mengalami pengelupasan kulit dan kemerahan juga harus diwaspadai. Puting yang tertarik ke dalam atau yang mengeluarkan cairan juga harus segera kita konsultasikan ke dokter karena bisa jadi ini adalah tanda-tanda dini dari kanker payudara yang harus segera kita atasi.