Beberapa Cara Mencegah Wasir

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian di bidang kesehatan terbaru teranyat memberikan informasi yang cukup mengejutkan dimana hampir separuh manusia ternyata berpotensi memiliki wasir atau ambeien. Penelitian ini menunjukkan hampir 40 persen dari manusia berpotensi memiliki penyakit di bagian anus ini. Wasir sendiri bisa menyebabkan ketidaknyamanan saat buang air besar atau bahkan sekadar untuk duduk. Pembengkakan pada dinding anus ini bahkan bisa membuat buang air besar yang disertai dengan darah yang tentu sangat mengerikan.

doktersehat-diet-olahraga-metabolisme-tubuh

Persentasi resiko memiliki penyakit wasir yang besar ini ternyata disebabkan oleh gaya hidup modern kebanyakan masyarakat yang bisa membuat wasir dengan mudah tumbuh. Jika anda cermati, hampir semua masyarakat modern kurang menyukai makanan berserat, tidak minum air putih dengan cukup dalam sehari, dan semakin malas melakukan olahraga atau aktifitas fisik. Selain itu, banyak orang yang kini bekerja dengan posisi duduk seharian sehingga tidak akan bergerak terlalu banyak. Semua faktor tersebut adalah faktor terkuat yang membuat wasir bisa menyerang anus kita.

Wasir sendiri ternyata memiliki dua jenis yakni wasir internal hemorrhoid dan external hemorrhoid dimana wasir internal hemorrhoid akan muncul di dalam rektum sehingga jika kita meraba anus kita seakan tidak terjadi apa-apa disana. Rasa sakit dari wasir internal hemorrhoid berasal dari saraf di sekitar rektum. Berbeda dengan wasir internal hemorrhoid, wasir external hemorrhoid bisa diraba dengan adanya tonjolan pada anus dan bisa menyebabkan pendarahan saat buang air besar.

Jika kita ingin mencegah terjadinya wasir pada tubuh kita. Ingatlah bahwa kita harus menjaga asupan makanan bergizi dan kaya akan serat. Makanan kaya serat dari sayuran dan buah-buahan ternyata bisa mencegah sembelit yang bisa memicu wasir. Proses pencernaan yang cenderung lancar karena kandungan serat ini akan membuat tubuh pun semakin sehat. Selian itu, cobalah untuk aktif bergerak baik saat berolahraga atau saaat melakukan pekerjaan. Anda bisa saja setidaknya berjalan kaki selama 30 menit saja dan anda bisa mengurangi resiko terkena waasir hingga 40 persen. Trik terakhir mencegah wasir adalah mengurangi hobi kita membaca atau bermain gadget saat sedang memakai toilet. Berlama-lama di toilet bisa memancing bakteri yang menyerang wasir menempel dan menyebabkan masalah wasir bagi tubuh.