Beberapa Bahaya Dari Obat Tidur

DokterSehat.Com – Sebagian dari masyarakat ternyata mengalami masalah susah tidur atau yang kerap disebut sebagai insomnia. Banyak dari mereka yang terkena masalah susah tidur ternyata memiliki masalah psikologis berupa depresi, kecemasan, hingga kecemasan berlebihan yang disebabkan oleh kehidupan hariannya layaknya tempat kerja sehingga waktu tidur pun tidak bisa didapatkan secara maksimal. Untuk membuat tubuh mudah terlelap, banyak orang yang pada akhirnya memutuskan untuk mengkonsumsi obat tidur. Memang, tubuh bisa segera terlelap setelah mengkonsumsi obat ini. Namun, konsumsi obat tidur secara rutin ternyata juga biasa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

doktersehat-obat-a-z-ponstan-asam-mefenamat-Levofloxacin-suplemen-hamil-kehamilan-hiv-truvada-melatonin-susah-tidur

Obat tidur ternyata bisa memberikan efek samping yang cukup banyak. Banyak masyarakat yang melaporkan bahwa meskipun obat tidur sangat efektif membuat waktu tidur menjadi lelap, saat mereka bangun justru mengalami sakit kepala yang cukup hebat dan rasa lelah, nyeri, hingga masalah sembelit. Mereka yang rutin mengkonsumsi obat tidur bahkan bisa mengalami halusinasi dan gangguan pada daya ingatnya. Dalam beberapa kasus, obat tidur yang dikonsumsi dengan berlebihan bahkan bisa memicu masalah depresi menjadi jauh lebih buruk sehingga membutuhkan konsultasi yang tepat pada dokter.

Obat tidur bisa memberikan efek kecanduan sehingga banyak orang yang berpikir bahwa mereka tidak akan bisa tidur jika tidak mengkonsumsi obat tidur. Hal ini ternyata bisa memicu kecanduan yang tentu saja harus diobati dengan benar. Selain itu, banyak orang yang kecanduan obat tidur pada akhirnya juga membutuhkan banyak obat-obatan lain layaknya antidepresan, obat penenang, hingga pereda rasa nyeri. Ketergantungan obat-obatan tersebut tentu akan menjadi hal yang kurang baik bagi kesehatan tubuh, bukan?

Konsumsi obat tidur ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Andai kita mengalami masalah susah tidur, kita sebenarnya bisa melakukan sedikit trik layaknya membersihkan beberapa bagian badan sehingga tubuh pun semakin nyaman untuk tidur. Selain itu, jangan pernah sekalipun menyentuh obat tidur karena meskipun memberikan efek tidur yang lelap, obat tidur justru bisa membuat masalah yang cukup besar bagi kesehatan tubuh secara umum.