Bayi yang Minum Susu Formula Lebih Gemuk?

DokterSehat.Com– Ada sebuah anggapan yang menyebutkan bahwa bayi yang mengkonsumsi susu formula cenderung lebih gemuk jika dibandingkan dengan bayi yang mengkonsumsi ASI. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-susu-anak-minum-dot

Pakar kesehatan telah berkali-kali menyebutkan bahwa ASI adalah makanan terbaik bagi bayi, khususnya yang masih berusia enam bulan ke bawah. Hanya saja, memang ada sebagian bayi yang mengkonsumsi susu formula karena berbagai alasan layaknya ASI ibunya tidak keluar atau memang orang tua sengaja memberikan susu formula sebagai minuman selain ASI. Sayangnya, dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa bayi yang mengkonsumsi susu formula cenderung lebih rentan untuk terkena masalah kelebihan berat badan yang bisa saja berefek buruk hingga usianya dewasa.

Profesor Atul Singhal yang berasal dari MRC Childhood Nutrition Research Center yang ada di Institute of Child Health, London, Inggris, menyebutkan 20 persen dari orang dewasa yang menderita obesitas ternyata disebabkan oleh konsumsi susu formula saat bayi. Berikut adalah alasan mengapa hal ini bisa terjadi.

Susu formula lebih mudah dikonsumsi
Karena diberikan dengan botol, susu formula cenderung lebih mudah ditelan oleh bayi. Alhasil, bayi bisa mengkonsumsi susu dengan jumlah yang berlebihan. Hal yang berbeda terjadi jika bayi mengkonsumsi ASI yang membuatnya lebih bekerja keras untuk menghisapnya. Hal ini ternyata mencegah bayi minum susu terlalu banyak.

Susu formula lebih banyak mengandung protein dan lemak
Susu formula kaya akan protein, lemak, dan gula sehingga tentu bayi akan mendapatkan kalori yang lebih banyak jika mengkonsumsinya. Dalam sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa bayi berusia 3-6 bulan yang mengkonsumsi susu formula memiliki protein 70 persen lebih banyak daripada bayi yang hanya minum ASI. Banyaknya protein ini akan merangsang pelepasan lebih banyak insulin yang bisa berimbas pada bertambahnya lemak pada tubuh bayi.

Baca Juga:  Terkena Kondisi Langka, Wanita Ini Sanggup Mendonasikan 2,5 Ton ASI!

Susu formula meningkatkan nafsu makan
Kandungan susu formula bisa mempengaruhi leptin, hormon pengendali nafsu makan dan lemak pada tubuh bayi. Jika hal ini terjadi, sensitifitas tubuh pada hormon ini akan menurun dan bayi pun akan mengalami peningkatan nafsu makan dan beresiko mengalami kelebihan berat badan.