Bayi yang Lahir Secara Caesar Lebih Mudah Gemuk

DokterSehat.Com -Tidak semua ibu hamil bisa melahirkan dengan cara yang normal. Banyak dari mereka yang mengalami kondisi kesehatan tertentu, atau bahkan karena ingin menentukan kelahiran bayi dengan tanggal atau waktu yang spesial, pada akhirnya melakukan operasi Caesar. Memang, bayi yang dilahirkan bisa sama-sama sehat dan tumbuh dengan baik. Namun, ada perbedaan yang akan terjadi pada bayi yang dilahirkan dengan cara yang normal dengan bayi yang dilahirkan dengan cara Caesar, diantaranya adalah bayi yang dilahirkan secara Caesar akan cenderung lebih mudah gemuk pada masa kecilnya.

doktersehat-sifilis-kongenital-bayi-Harlequin-Ichthyosis-mikrosefali

Sebuah penelitian dilakukan oleh Harvard TH Chan School of Public Health yang memeriksa data sekitar 22 ribu orang dewasa berusia muda selama 16 tahun dan memeriksa cara kelahiran mereka. Diketahui bahwa dari data ini, 1 dari setiap 4 atau 5 ibu hamil melahirkan dengan cara Caesar. Tak hanya itu, bayi yang terlahir dengan cara Caesar ini cenderung memiliki resiko 64 persen lebih besar untuk lebih mudah gemuk jika dibandingkan dengan bayi yang terlahir dengan persalinan yang normal.

Pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, Jorge Chavarro, menyebutkan jika dalam banyak kasus, operasi Caesar memang dibutuhkan untuk menyelamatkan nyawa bayi dan juga sang ibu. Namun, tentu saja ada resiko dari proses persalinan ini, khususnya dalam peningkatan resiko membuat anak mengalami obesitas di masa depan.

Selain karena faktor proses persalinan, adanya kemungkinan bayi mengalami masalah obesitas juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lainnya layaknya indeks BMI dari ibu, kebiasaan ibu hamil yang merokok sebelum proses kehamilan, hingga berbagai kondisi medis yang terjadi selama kehamilan layaknya munculnya diabetes gestasional.

Pakar kesehatan dr. Daghni Rajasingam yang berasal dari Royal College of Obstetricians and Gynaecologist menyebutkan jika hasil penelitian ini cukup menarik dan bisa menjadi pertimbangan ibu hamil yang ingin melakukan operasi Caesar bukan karena faktor kesehatan. Ada resiko yang harus dipertimbangkan sehingga diharapkan bahwa jika memang memungkinkan melakukan proses persalinan normal, maka ada baiknya operasi Caesar tidak dilakukan dan hanya dijadikan alternatif yang dilakukan untuk menyelamatkan nyawa bayi dan sang ibu.