Bayi yang Dilahirkan Dengan Operasi Caesar Beresiko Tinggi Menderita Alergi

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang tua yang memilih untuk melahirkan anaknya dengan metode operasi Caesar. Ada banyak sekali alasan yang mendasari pemilihan metode proses persalinan ini, dari yang memang karena kondisi kehamilan atau posisi janin yang tidak memungkinkan untuk melakukan persalinan normal, hingga karena orang tua ingin melahirkan di hari atau jam yang spesial atau karena orang tua tidak ingin merasakan sakit saat melakukan proses persalinan normal. Jika anda termasuk dalam ibu hamil yang berkesempatan untuk melahirkan dengan cara yang normal, ada baiknya anda tidak melakukan metode persalinan operasi Caesar karena dikhawatirkan bayi yang dilahirkan nanti lebih mudah terkena alergi.

doktersehat-usg-kehamilan-hamil-operasi-caesar

Pakar kesehatan yang ahli di bidang alergi dan imunologi anak bernama Profesor. Dr. dr. Budi Setiabudiawan, SpA(K), menyebutkan bahwa ada cukup banyak faktor yang menyebabkan seorang anak terkena alergi, dari faktor lingkungan atau bahkan karena faktor genetik. Biasanya, jika salah satu orang tua memiliki alergi pada sesuatu hal, maka anaknya juga memiliki resiko 20 hingga 30 persen mengalami alergi yang sama. Bahkan, andai kedua orang tua ternyata memiliki alergi, maka resiko anak untuk terkena alergi ini meningkat hingga 60 persen.

Tak hanya alergi, penyakit asma ternyata juga bisa disebabkan oleh faktor genetik dimana andai ada orang tua yang terkena asma, maka besar kemungkinan pula anak bisa terkena penyakit pernafasan ini.

Selain karena faktor genetik atau faktor lingkungan. Profesor Budi ternyata menyebutkan bahwa ada faktor lain yang bisa menyebabkan seseorang lebih mudah terkena alergi, faktor tersebut adalah andai dirinya dilahirkan dengan metode terlahir secara Caesar. Meskipun belum benar-benar ada penelitian yang mendukung hal ini, cukup banyak pakar kesehatan yang menduga bahaw anak yang dilahirkan dengan operasi Caesar cenderung lebih beresiko tinggi untuk terkena alergi jika dibandingkan dengan anak yang dilahirkan dengan normal.

Baca Juga:  Hindari Hal Ini Agar Kulitmu Tetap Mulus

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Professor Budi menyebutan bahwa anak yang terlahir dengan proses persalinan normal akan melewati jalur persalinan yang memiliki banyak floral. Floral inilah yang diyakini berpengaruh besar bagi sistem kekebalan tubuhnya dalam melawan berbagai macam alergi.