Bayi yang Baru Lahir Sangat Rentan Terkena Masalah Kesehatan Berikut

DokterSehat.Com – Bayi yang baru lahir tentu akan memberikan kebahagiaan luar biasa bagi orang tuanya. Wajahnya yang bersih dan tubuhnya yang mungil akan sangat menyenangkan untuk dipandang. Sayangnya, bayi yang sedang terlihat menyenangkan pada usia yang masih sangat muda ini juga cukup rentan untuk terkena berbagai macam penyakit. Bagaimana tidak, pada usia ini, sistem kekebalan tubuhnya masih belum benar-benar berfungsi dengan baik dan andai terkena penyakit, tentu akan membuat orang tua khawatir. Sebenarnya, apa sajakah penyakit yang sangat rentan menyerang bayi yang baru lahir?

doktersehat-bayi-anak-kecil-orangtua-bermain

Masalah pada sistem pencernaan
Pakar kesehatan menyebutkan jika saat baru saja lahir, bayi belum memiliki bakteri baik atau enzim yang membantu sistem pencernaan. Karena alasan inilah bayi sebaiknya hanya mengkonsumsi ASI eksklusif selama enam bulan pertama setelah dilahirkan. Andai ia mendapatkan asupan selain ASI, maka dikhawatirkan bayi klangsung mengalami gangguan pada pencernaan.

Penyakit kuning
Tahukah anda jika 50 persen dari bayi yang baru dilahirkan bisa terkena penyakit kuning pada usia satu minggu pertamanya? Memang, kadar bilirubin kerap kali meningkat pada saat usia minggu pertama sehingga membuatnya terkena penyakit kuning ini meskipun sebenarnya kondisi ini akan berangsur-angsur menurun, apalagi jika orang tua rajin “menjemurnya” di pagi hari. Dengan mendapatkan ASI ekskulsif, maka kadar bilirubin pada bayi pun bisa menjadi lebih seimbang.

Hipotiroid
Banyak orang tua yang tidak menyadari jika bayinya mengalami masalah kekurangan kadar hormon tiroid atau yang disebut sebagai hipotiroid. Biasanya bayi yang terkena kondisi ini akan sangat jarang menangis dan sering terkena sembelit. Andai hal ini dibiarkan, bayi dikhawatirkan akan mengalami masalah perkembangan sehingga sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Baca Juga:  Penting Untuk Remaja, Drugs Dan Efek Sampingnya

Penyakit hemolitik
Penyakit ini sangatlah berbahaya karena berkaitan dengan kondisi darah pada bayi. Pemicu munculnya penyakit ini adalah adanya perbedaan rhesus golongan darah pada ibu dan bayi sehingga antibodi dari tubuh ibu justru akan masuk ke dalam plasenta dan bisa menyerang sel-sel darah merah pada bayi yang baru lahir. Andai hal ini terjadi, bayi bisa mengalami gangguan pernafasan.