Bayi Ternyata Juga Bisa Terkena Gangguan Tidur

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika hanya orang dewasalah yang mampu mengalami gangguan tidur. Mitos ini berasal dari adanya anggapan jika di usia dewasalah gangguan tidur kerap terjadi karena faktor stress akibat pekerjaan dan hal lain sebagainya. Sayangnya, bayi ternyata juga bisa mengalami masalah gangguan tidur yang tentu bisa berpengaruh bagi kesehatan dan perkembangan tubuhnya secara keseluruhan. Sebenarnya, ada apa sajakah gangguan tidur yang bisa terjadi pada bayi?

doktersehat-bayi-rewel-nangis-sakit-perut-demam-flu

Gangguan tidur yang pertama terjadi pada bayi adalah bayi yang cenderung terlalu semangat untuk terus bergerak atau bahkan karena mendapatkan stimulasi gerakan terlalu banyak. Jika hal ini terjadi, maka bayi akan kurang mengendalikan tubuhnya dengan baik dan pada akhirnya hanya akan menangis atau memukul-mukul. Jika hal ini terjadi, orang tua tentu harus lebih jeli melihat anaknya sudah mengantuk agar segera diistirahatkan dengan nyaman.

Bayi ternyata bisa mengalami gangguan tidur yang parah karena giginya sedang tumbuh. Tanpa disadari, gigi yang tumbuh bisa ikut memicu rasa tidak nyaman saat tidur sehingga bayi pun sulit untuk tidur dengan pulas. Satu hal yang pasti, mulailah menjaga kesehatan mulut bayi dan anak agar tidak ada bakteri berlebihan saat giginya bermasalah.

Menjaga pola tidur bayi juga bisa berpengaruh besar pada gangguan tidur pada sang buah hati. Sebagai contoh, kita cenderung memaksakan bayi untuk tidur di sore hari padahal mata sang bayi masih terbuka dan belum mengantuk. Ada baiknya tidurkan bayi pada jam normal sebagaimana sang buah hati biasa lakukan.  Selain itu, bayi ternyata juga bisa mengalami gangguan tidur yang diakibatkan oleh adanya penyakit. Taukan anda, berbagai kuman bisa ikut menyebar dan membuat tubuh sang buah hati tidak nyaman dan pada akhirnya terasa flu, hingga flu perut.